PENGARUH METODE THE SIX THINKING HATS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL LITERACY (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta)

AYU HERDIYANI, . (2017) PENGARUH METODE THE SIX THINKING HATS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL LITERACY (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (615kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode the six thinking hats dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan emotional literacy peserta didik kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini populasinya berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan melalui aspek-aspek emotional literacy yang dikemukakan Claude Steiner tahun 2003. Teknik analisis data untuk memperoleh gambaran emotional literacy menggunakan statistik deskriptif berupa persentase dan teknik analisis data untuk uji hipotesis membandingkan kedua rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian diketahui bahwa emotional literacy peserta didik saat pretest adalah 3% pada kategori sangat rendah, 38% pada kategori rendah, 38% pada kategori sedang, 17% pada kategori tinggi, dan 3% pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian berupa gambaran emotional literacy peserta didik saat posttest adalah 3% pada kategori sangat rendah, 14% pada kategori rendah, 52% pada kategori sedang, 17% pada kategori tinggi, dan 14% pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan kedua rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% setelah dilakukan eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol meningkat 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan emotional literacy peserta didik yang mendapatkan bimbingan klasikal menggunakan metode the six thinking hats lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang mendapatkan bimbingan klasikal menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, peserta didik serta guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan metode the six thinking hats yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan emotional literacy peserta didik. This study aims the impact of the six thinking hats methode in classical guidance to improve the emotional literacy in class VII SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta. The methode used was the experiment applying pretestposttest control group design. The research sample contained the population of 60 people. The collection of data was done using the developing instrument through the aspects of emotional literacy proposed by Claude Steiner in 2003. Data analysis technique, to obtain the emotional literacy description, uses descriptive statistics in the form of percentage and data analysis techniques for hypotheses testing to compare both the average of experimental group and the average of control group.The results revealed that the emotional literacy pretest of students was 3% in the very low category, 38% in the low category, 38% in the medium category, 17% in the high category, and 3% in the very high category. This result is done by comparing the average of the experimental group and the average of the control group. The average of the experimental group increased by 11% after the experiment, whereas in the control group increased by 1%. This also revealed that the enhancement of emotional literacy of students who gained the classical guidance using the six thinking hats method were higher than students who received by the lecture method. Therefore, both students and teacher of guidance and counseling can utulize this methode as one of way to increase the emotional literacy of the learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrudjaman 2). Dra. Retty Filliani
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:40
Last Modified: 30 Mar 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25551

Actions (login required)

View Item View Item