UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN SISWA KELAS V SDN KAYU MANIS 01 PAGI

BAYU DIAN PRASETIO, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN SISWA KELAS V SDN KAYU MANIS 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (245kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (711kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (833kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR GAMBAR, TABEL, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (159kB)
[img] Text
15. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengkaji apakah penerapan modifikasi permainan pada siswa kelas V SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar menendang menggunakan kaki bagian dalam. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur sebanyak 32 siswa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Modifikasi Permainan dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Menendang Menggunakan Kaki Bagian Dalam Siswa. Pada siklus I skor terendah gerak dasar menendang menggunakan kaki bagian dalam yang didapatkan siswa yaitu 6 dan skor tertinggi yaitu 10. Sedangkan jumlah siswa yang memenuhi kriteria tuntas sebanyak 21 dari 32 sehingga persentase mencapai 65,62%. Pada siklus II skor terendah yang didapatkan siswa yaitu 7 dan skor tertinggi yaitu 11. Sedangkan jumlah siswa yang memenuhi kriteria tuntas yaitu sebanyak 27 dari 32 siswa sehingga persentase mencapai angka 84,37%. Aktivitas guru dan siswa dalam penerapan modifikasi permainan siklus I mencapai 70% sementara pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru dan siswa sebesar 90%. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan gerak dasar menendang menggunakan kaki bagian dalam dapat meningkat melalui penerapan modifikasi permainan. This classroom action research aims to analyze the application if modification games for student in class V at Kayumanis 01 Pagi Matraman Elementary School East Jakarta can improve basic skills motion kick by inner foot. Sample in this research are fifth grade student at Kayumanis 01 Pagi Matraman Elementary School totally 32 students consist of 17 boys and 15 girls. Data collection techniques in this research is observation, field notes, and documentation. Research model used is the model of Kemmis and Mc. Taggart. The steps of classroom action research is planning, action, observation and reflection. The result showed application of modification games can improve basic skills motion kick by inner foot. In the first cycle, low score of basic skills motion kick by inner foot is 6 and high score is 10. While the number of students who meet the criteria completed about 21 of 32 that the percentage of 65,62 %. In the second cycle, low score of basic skills motion kick by inner foot is 7 and high score is 11. While the number of students who meet the criteria completed the about 27 of 32 students so that the percentage reached 84,37 %. The activity of teacher and students in the implementation of the modification games in the first cycle achieved 70% while in the second cycle there great increasing of activity teacher and students is 90%. From this result, the conclusion is basic skills motion kick by inner foot can be improve through modification games.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd. 2). Drs. Sujono Surokarijo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:52
Last Modified: 31 Mar 2022 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25559

Actions (login required)

View Item View Item