MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)(Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)

MAR’ATUSHOLIHAH, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)(Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
A_BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
B_BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
C_BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
D_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
E_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
RPP SIKLUS 2 PERT 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat sebanyak 25 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus. Hasil keterampilan sosial pada siklus I adalah 72% dari jumlah siswa yang telah mencapai ≥80 atau hanya 18 orang siswa dan keterampilan sosial siswa pada siklus II meningkat menjadi 84% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥80 sebanyak 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Jan 2020 10:56
Last Modified: 06 Jan 2020 10:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item