PERBEDAAN PENGETAHUAN ASESMEN PADA GURU BK DAN CALON GURU BK (Studi Komparatif terhadap Mahasiswa S-2 dan S-1 BK UNJ)

CYNDO RINNA INASA, . (2017) PERBEDAAN PENGETAHUAN ASESMEN PADA GURU BK DAN CALON GURU BK (Studi Komparatif terhadap Mahasiswa S-2 dan S-1 BK UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
1. COVER s.d DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (630kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1, 2, 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN 11 - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai perbedaan pengetahuan asesmen pada guru BK yang sedang menempuh pendidikan lanjutan di Prodi S-2 BK UNJ dan mahasiswa S-1 BK FIP UNJ sebagai calon guru BK. Sampel berjumlah 177 orang yang diambil dengan stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pengetahuan dengan teknik analisis data t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK yang sedang menempuh pendidikan lanjutan di prodi S-2 BK UNJ berada pada kategori baik (2,2%), pada kategori cukup (71,7%) dan pada kategori kurang (26,1%). Sedangkan mahasiswa S-1 BK FIP UNJ sebagai calon guru berada pada kategori baik (2,3%), pada kategori cukup (77,9%) dan pada kategori kurang (19,8%). Hasil uji hipotesis menunjukkan p=0,577>0,05 artinya µ1=µ2. Dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan asesmen pada guru BK yang sedang menempuh pendidikan lanjutan di prodi S-2 BK UNJ dengan mahasiswa S1 BK FIP UNJ sebagai calon guru BK. Hasil penelitian digunakan sebagai evaluasi mengenai pengetahuan asesmen dalam meningkatkan kompetensi agar layanan bimbingan dan konseling tepat guna. This study aimed to obtained empirical data about the differences about assessment knowledge between two group. First, guidance and counseling teacher who is studying master degree in guidance and counseling major of state university of jakarta. Second, undergraduate degree in guidance and counseling major faculty of education state university of jakarta. The sample in this study are 177 respondents using stratified random sampling. Instrument in this research was a knowledge test which analysed by t-test technique. The results study showed guidance and counseling teacher is category good (2,2%), adequate (71,7%), lack (26,%). While prospective guidance and counseling teacher is classified good (2,3%), adequate (77,9), lack (19,8%). Hypothesis result showed that p= 0,577 > 0,05 (significant) that means µ1≠µ2. It can be interpreted there was differences about assessment knowledge between guidance and counseling teacher (magister degree) and prospective guidance and counseling teacher (undergraduate degree). The result of this study an evaluation of assessment knowledge to improve the competences of proper guidance and counseling services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Herdi, M.Pd. 2). Hilma Fitriyani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Apr 2022 16:16
Last Modified: 01 Apr 2022 16:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item