DEAJENG HANIFAH ANUGARI, . (2017) PROFIL KESESUAIAN MINAT SISWA KELAS X & XI BERDASARKAN KELOMPOK PEMINATAN (Survei di SMA Negeri 58 Jakarta yang Menerapkan Kurikulum 2013). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (86kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (121kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (476kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (403kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (327kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (280kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text
16. A. lampiran instrumen uji coba.pdf Download (344kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (95kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil minat pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri 58 Jakarta berdasarkan kelompok peminatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 576 siswa kelas X dan XI SMA Negeri 58 Jakarta dan sampelnya sebanyak 236 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Uji coba instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir instrumen penelitian menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas 94 butir pernyataan dengan kriteria r-tabel yang digunakan sebesar 0,279 menghasilkan 64 butir yang valid dan 32 butir dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan di dapatkan hasil 0,88 yang berarti bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode survei. Hasil Penelitian menunjukan bahwa profil minat siswa kelas X dan XI SMA Negeri 58 Jakarta berdasarkan pemilihan kelompok peminatan MIA dan IIS yang sudah memiliki kesesuaian antara bidang minatnya dengan kelompok peminatannya. Meskipun masih terdapat beberapa profil minat yang tidak sesuai kelompok peminatan yang terdapat dalam klasifikasi pekerjaan Holland RIASEC (realistic, investigative, artistic, social, enterprising dan conventional). Secara keseluruhan kelas X dan XI SMA Negeri 58 Jakarta memiliki minat yang cocok dengan kelompok peminatan yang ditempuhnya serta mampu mengembangkan minatnya dengan baik. Implikasi dari temuan penelitian ini yaitu Minat memiliki peran yang cukup besar dalam proses pembelajaran siswa, namun minat bukanlah satusatunya faktor yang mempengaruhi rendahnya pencapaian hasil belajar siswa, karena terdapat faktor lain diantaranya kemampuan dan bakat individu. This research’s aim is to know the interest profile of SMA Negeri 58 Jakarta class X and XI students according group preference. Population in this research is 576 students of SMA Negeri 58 Jakarta of grade X and XI and 236 students for the sample. Instrument which use in this research is questioner. The instrument in this research is validity test and reliability test. Validity test of instrument item in this research is using product moment correlation formula. The result of validity test from 94 statement items with r-table criteria which used is 0,279 produce 64 valid items and 32 invalid items. Reliability test is using Alpha Cronbach formula and get the result 0,88 that means the instrument have high reliability. The sample taking use is purpose sampling technique. The method used is survey method. The research result point that the interest profile of SMA Negeri 58 Jakarta grade X and XI students according choices of Science and Social major class which already suit with the interest field and the major class. Although there is still some interest profile which not suit to major class in the Holland job classification RIASEC (realistic, investigative, artistic, social, enterprising, and conventional). SMA Negeri 58 Jakarta grade X and XI students at all have interest that suit to the major class which they go through and able to explore their interest good enough. The implication from this finding is Interests have a considerable role in the learning process of students, but the interest is not the only factor affecting low student achievement, because there are other factors such as the individual abilities and talents.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. 2). Dra. Meithy Intan, R.L. M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 11:56 |
Last Modified: | 02 Apr 2022 11:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25623 |
Actions (login required)
View Item |