PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

DESI WIDIYAT, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (836kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)
[img] Text
COVER DESI WIDIYATI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, GAMBAR, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berbasis lingkungan untuk kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian awal didapatkan penggunaan lembar kerja yang belum memberi kesempatan peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran. Pembuatan bahan ajar diawali dengan penyesuaian kompetensi Dasar dengan basis yang dirancang untuk membuat lembar kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Adapun model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan Borg dan Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan angket dan wawancara pada ahli materi, bahasa, media, dan guru kelas IV sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kembangan Utara 04 Pagi yang berjumlah 38 orang dan SDN Semanan 09 Pagi yang berjumlah 28 orang. Hasil penilaian akhir pada uji coba lapangan menghasilkan persentase 91,5%. Pada tahap uji coba small group didapatkan hasil 89%. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 100%, ahli bahasa diperoleh hasil persentase sebesar 91,2%, ahli media diperoleh hasil sebesar 93%, dan guru kelas IV didapatkan hasil 92%. Dengan rata-rata persentase kelayakan LKPD berdasarkan validasi ahli adalah 94% dan dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis ligkungan untuk kelas IV sekolah dasar terbukti layak digunakan dalam pembelajaran. This development study aims to develop and produce student’s worksheets of natural science based on environment for the fourth grade student of elementary school. The first study shows that the use of a worksheet did not allow student to actively participate in a learning process. Making a teaching material begins with adjusting the Basic Competence and a designed bases which used to create the worksheet. The method used in this study is Research and Development method refers to Borg and Gall models. Sampling phase used the products validation technique by doing questionnaires and interview with the subjects are material, linguistic and media experts, also the teacher of fourth grade student. The sample in this study are 38 fourth grade students of SDN Utara Kembangan 04 Pagi and SDN Semanan 09 Pagi with total of 28 students. The results for the operational field testing showed the percentage of this phase was 91.5%, meanwhile the small group testing phase was 89%. Result for expert review analysis of the material expert was 100%, the linguistic expert was 91,2%, media expert was 93% and the teacher of fourth grade student was 92%. With an average percentage for the expert validation phase was 95% and in the excellent category, it can be concluded that the Students Worksheet of Natural Science Based on Environment for the fourth grade student is suitable to use in a learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriyatna, M.Pd. 2). Drs. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 13:05
Last Modified: 02 Apr 2022 13:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item