PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEGIATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5- 6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Al-Ikhlas, Depok)

DIAH TABERI ANTARINI, . (2016) PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEGIATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5- 6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Al-Ikhlas, Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab V pdf.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III pdf.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB II pdf.pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK pdf.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP pdf.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL pdf.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PANITIA SIDANG.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI pdf.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN pdf.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR pdf.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL pdf.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembentukan kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas, yang dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas, Depok, Jawa Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa pembentukan kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas, Depok terlihat melalui kegiatan diskusi, melalui keberanian dalam menjelaskan sesuatu kepada orang lain, melalui respon anak terhadap tanggapan dari orang lain serta melalui ekspresi ketika berbicara. Pembentukan kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara di lingkungan sekolah diperoleh melalui interaksi anak dengan guru dan teman sebaya, lingkungan sekolah yang mendukung serta memberi kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk belajar dan mencoba. Pembentukan kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara di lingkungan rumah diperoleh melalui pola asuh orang tua. This study aims to determine and describe how the self-confidence of children aged 5-6 years established in talking activities, which was held in May 2015 This study uses qualitative methods that carried out on children aged 5-6 years at Al-Ikhlas Kindergarten, West Java. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation. The data analysis that was implemented in this research included data reduction, data display, and verification or conclusion. The data examination carried out through data triangulation and member checks. The results of the research findings are that the establishment of selfconfidence in talking activities on children aged 5-6 years at kindergarten AlIkhlas, Depok was seen through discussions, the children courage in explaining something to others, response to other’s feedback, and showing expressions while talking. Establishment of self-confidence in talking activities in a school environment is obtained through the interaction between children and teachers; children and peers; and school environments that support and give equal opportunities to every child to learn and try. Establishment of selfconfidence in talking activities in the home environment is obtained through parenting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, S.Pd, M.Pd. 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Apr 2022 06:27
Last Modified: 03 Apr 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item