ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN FLOW MAP PADA PEMBELAJARAN REDUKSI DAN OKSIDASI DENGAN MODEL 8E LEARNING CYCLE

AI KARTINI, . (2019) ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN FLOW MAP PADA PEMBELAJARAN REDUKSI DAN OKSIDASI DENGAN MODEL 8E LEARNING CYCLE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan dan Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (542kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (163kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (348kB)
[img] Text
6. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kognitif peserta didik menggunakan metode flow map pada pembelajaran reaksi reduksi dan oksidasi dengan menerapkan model 8E Learning Cycle. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 1 Rengasdengklok, terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara, pembuatan flow map, dan reflektif jurnal. Struktur kognitif peserta didik dianalisis pada keempat tahap yaitu: explore, elaborate, extend, dan explain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kognitif peserta didik pada keempat variabel yang dianalisis yaitu: extent, richness, integrated dan accuracy dari tahap explore hingga tahap explain mengalami peningkatan. Struktur kognitif peserta didik pada pembelajaran submateri reduktor dan oksidator serta reaksi autoredoks lebih baik dari pada submateri teori reduksi dan oksidasi serta bilangan oksidasi. Struktur kognitif peserta didik pada keempat variabel yang dianalisis, persentase terbesar terdapat pada tahap explain. Peserta didik mengalami miskonsepsi dalam menjelaskan suatu reaksi berdasarkan konsep reduksi dan oksidasi berdasarkan pelepasan dan penerimaan elektron dan mengalami miskonsepsi dalam menentukan bilangan oksidasi molekul poliatom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D ; 2). Dr. Yusmaniar, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:24
Last Modified: 04 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item