EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA PROGRAM LINTAS MINAT (Studi di Kelas X Lintas Minat SMAN 109 Jakarta)

Melia Silviyanti, . (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA PROGRAM LINTAS MINAT (Studi di Kelas X Lintas Minat SMAN 109 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 sampai 13.pdf

Download (282kB)
[img] Text
14 sampai 16.pdf

Download (166kB)
[img] Text
17 sampai 37.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II hal 38 sampai 57.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB III hal 58 sampai 75.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV hal 76 sampai 98.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V hal 99 sampai 101.pdf

Download (101kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA hal 102 sampai 103.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (471kB)

Abstract

Program lintas minat merupakan program didalam kurikulum 2013. Siswa memilih dua mata pelajaran yang berlawanan dari peminatanya. Mata pelajaran Sosiologi menjadi mata pelajaran pilihan yang dapat siswa pilih. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui efektivitas pembelajaran Sosiologi pada siswa program lintas minat pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena SMAN 109 Jakarta tempat melakukan penelitian merupakan sekolah yang sudah menerapkan pogram lintas minat secara lengkap dan penelitian ini juga membandingkan hasil belajar antara mata pelajaran Sosiologi di program lintas minat dengan program Ilmu-ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan-informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sosiologi pada program lintas minat sebagai informan kunci, wakil kurikulum dan siswa yang memilih mata pelajaran Sosiologi di lintas minat sebagai informan penunjang. Lokasi dan waktu penelitian dilakukan di SMAN 109 Jakarta pada Januari sampai April. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMAN 109 Jakarta, Wali Kelas dari X MIA 3, dan salah satu orang tua siswa program lintas minat. Hal ini bertujuan untuk mengecek keabsahan data yang peneliti peroleh dari hasil temuan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran Sosiologi lintas minat di SMAN 109 Jakarta diberikan oleh guru sesuai dengan komponen pembelajaran. Pembelajaran Sosiologi di lintas minat kelas X di SMAN 109 Jakarta berjalan secara efektif, dikatakan efektif karena hasil dari proses pembelajaran siswa program lintas minat mampu bersaing dengan hasil proses pembelajaran dari program Ilmu-ilmu sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosita Adiani, MA ; 2). Achmad Siswanto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2020 15:51
Last Modified: 06 Jan 2020 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item