PENGARUH MOBILE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

ALDE TAMARA W.A.S, . (2019) PENGARUH MOBILE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. JUDUL.pdf

Download (242kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan teknik pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 113 Jakarta, sedangkan sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari kelas XI MIA 3 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 4 (kelas eksperimen) dengan menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran mobile learning, sedang kelas kontrol menggunakan media pembelajaran PowerPoint (PPT). Instrumen kemampuan berpikir kritis yang digunakan berjumlah 10 soal essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (33,13) lebih besar dari pada pretest kelas kontrol (27,27). Kemudian setelah diberi perlakuan, peserta didik mengerjakan tes kemampuan akhir berpikir kritis (posttest) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (68) lebih besar daripada kelas kontrol (59). Hasil kemampuan berpikir kritis dari uji t diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ucu Cahyana M.Si ; 2). Dr. Setia Budi M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:12
Last Modified: 04 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item