PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI SPLDV SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII-3 DI SMP PUSPANEGARA

ADE NURFAUZIAH, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI SPLDV SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII-3 DI SMP PUSPANEGARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
Motto dan Persembahan.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (377kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan landasan penting dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika ataupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipasif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, II, dan III. Siklus I terdiri dari dua pertemuan sedangkan siklus II dan III terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan November hingga Desember di kelas VIII-3 SMP Puspanegara Bogor tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai kemampuan pemahaman konsep matematis baik pada kedelapan subjek penelitian maupun keseluruhan siswa pada tes akhir siklus. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis pada siklus I adalah 56,53, pada siklus II meningkat menjadi 76,39 serta pada siklus III meningkat menjadi 81,53 dan telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Understanding of mathematical concepts is an important cornerstone in solving a mathematical problem or problems in everyday life. Therefore, this study seeks to improve student’s understanding of mathematical concepts through the application of cooperative learning model Team Assisted Individualization (TAI). This research is a classroom action research (PTK) conducted a collaborative and participatory. Actions carried out in three cycles of cycle I, II, and III. First cycle consisted of two meetings while cycle II and III consist of three meetings. Each cycle consists of planning, implementation, analysis, and reflection. The study lasted from November to December at class VIII-3 Puspanegara junior high school Bogor academic year 2016/2017. The results showed that the application of cooperative learning model TAI could improve student’s understanding of mathematical concepts pretty well. It can be seen from the increase in the value of the ability of understanding mathematical concepts both at eighth overall research subjects and students at the end of the test cycle. The average value of the final test the ability of understanding mathematical concepts in the first cycle was 56.53, the second cycle increased to 76.39 and in the third cycle increased to 81.53 and has reached a value Minimum Criteria exhaustiveness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wardhani Rahayu, M.Si 2) Dra. Suprakarti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:27
Last Modified: 04 Apr 2022 05:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25753

Actions (login required)

View Item View Item