PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BERHITUNG SAMBIL BERCERITA (PATUTA) UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN

AZIZATUL AFIFAH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BERHITUNG SAMBIL BERCERITA (PATUTA) UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media Papan Berhitung Sambil Bercerita (PATUTA) untuk pembelajaran penjumlahan sederhana pada anak usia 5-6 tahun. (2) Memudahkan anak dalam belajar penjumlahan sederhana. (3) Menciptakan kegiatan pembelajaran penjumlahan yang menyenangkan. (4) Membantu memberikan referensi media dalam pembelajaran penjumlahan sederhana pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah karya inovatif dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Responden pada penelitian ini adalah Ahli Media dan Ahli Materi yang merupakan dosen di dari Universitas Negeri Jakarta, dan anak sebagai pengguna yang berjumlah 4 orang berusia 5-6 tahun di daerah Kampung Bantar Gebang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PATUTA sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari hasil penilaian Ahli Media dengan presentase kelayakan sebesar 88.8%, hasil penilaian Ahli Materi dengan presentase kelayakan sebesar 87.5%, serta hasil dua kali uji coba one-to-one pada anak usia 5-6 tahun dengan presentase kelayakan sebesar 82% dan 95% dengan kesimpulan sangat baik. This research aims to: (1) Produce the learning media of Papan Berhitung Sambil Bercerita (PATUTA) for simple addition learning of children aged 5-6 years. (2) Make children easier to learn about simple addition. (3) Create fun addition learning activities. (4) Helps provide media references for simple addition learning for children. This research is development research. The method that used in this development research is innovative works using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development models. Respondents in this research were Media Experts and Material Experts who are lecturers at The State University of Jakarta, and children aged 5-6 years at Kampung Bantar Gebang. The results showed that PATUTA media is very suitable to use in the learning of simple addition for children aged 5-6 years. Based from the results of the assessment of Media Experts with a percentage of eligibility of 88.8%, the results of Material Expert assessment with a percentage of eligibility of 87.5%, and the results of one-to-one trials in children aged 5-6 with a percentage of eligibility of 82% and 95% with very good conclusions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si 2). Dr. Nurjannah, S.P, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14456 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:19
Last Modified: 06 Apr 2022 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25807

Actions (login required)

View Item View Item