PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 179 JAKARTA

FITRI LESTARI, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 179 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar isi,Gambar,Tabel dan Lampiran.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANTIA UJIAN SKRIPSI .pdf

Download (4MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (160kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan dan hasil tes awal yang dilakukan di SMP Negeri 179 Jakarta didapatkan bahwa siswa kelas VIII-5 masih memiliki kekurangan dalam pemahaman konsep matematisnya, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada prinsip pemahaman atau learning of understanding yaitu model pembelajaran matematika Knisley (MPMK). Model pembelajaran tersebut diadopsi dari siklus gaya belajar Kolb dan diintrepertasikan oleh Knisley menjadi empat tahapan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 179 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada 14 Februari 2017 sampai 14 Maret 2017. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dilihat dari hasil tes akhir setiap siklus pembelajaran pada keenam subjek penelitian. SP1, SP3 dan SP5 mengalami peningkatan pada tiap siklus. SP1 mendapatkan nilai tes pada siklus I yaitu 71,43. Kemudian meningkat di siklus II dengan nilai 80. Selanjutnya, siklus III meningkat lagi dengan nilai 100. SP3 mendapatkan nilai tes pada siklus I yaitu 80,95. Kemudian pada siklus II menurun dengan nilai 80. Selanjutnya, SP3 mendapatkan nilai tes pada siklus III yaitu 86,7. SP5 mendapatkan nilai pada siklus I yaitu 71,43. Setelah itu, meningkat pada siklus II dengan nilai 80. Kemudian, pada siklus III mendapatkan nilai yaitu 86,67. Sedangkan, untuk SP2, SP4 dan SP6 mengalami penurunan nilai tes akhir pada siklus III. SP2 pada siklus I mendapatkan nilai 66,77. Kemudian meningkat tinggi pada siklus II sebesar 26,53 dengan nilai 93,33. Selanjutnya, pada siklus III menurun dengan nilai 86,67. SP4 mendapatkan nilai pada siklus I yaitu 85,71. Kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai 86,67. Siklus III mengalami penurunan yaitu 6,67 dengan nilai 80. SP6 mendapatkan nilai 61,90 pada siklus I, kemudian meningkat di siklus II yaitu dengan nilai 73,33. Selanjutnya pada siklus III, SP6 mengalami penurunan sebesar 13,33 dengan nilai 60. Meskipun begitu, pencapaian indikator kelima pemahaman konsep matematis dari tiga subjek penelitian tersebut terpenuhi semua dengan pencapaian yang baik. According to previous research and early test result in SMP Negeri 179 still lack of mathematics understanding and it needs to develop again. One of learning model is learning of understanding with Model Application of Knisley Math Study. It is interpreted by Knisley into four steps for study mathematics. The purpose of this research is to find how does the application mathematics model learning Knisley to improve students understanding of mathematics concept. This research is classroom action research with three cycles learning. The data source is 8-5 th grade students of SMP Negeri 179 Jakarta. The data was took in 14th February 2017 until 14th March 2017. Based on research the result is the improvement of students mathematics understanding can be seen in each cycles learning test of sixth subject. SP1, SP3 and SP5 increased in each cycles. SP1 shows in first cycle 71,43. Then, in second cycle shows 80. In third cycle increased to 100. SP3 shows 86,7. SP5 shows 71,43 in first cycle. After that, it increased in second cycle with 80. In third cycle shows 86,67. However, in SP2, SP4 and SP6 descend in last test of third cycle. SP2 in first cycle shows 66,77. Then, it increased in second cycle 26,53 with 93,33. Third cycle descend with 86,67. SP4 shows 85,71 in first cycle, then it increased in second cycle with 73,33. Next, in third cycle SP6 descend to 13,33 with 60 score. However, the accomplishment of five indicators to understanding mathematics concept from three subject research is complete with good result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si 2) Ir. Fariani Hermin, MT
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:31
Last Modified: 06 Apr 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25831

Actions (login required)

View Item View Item