PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM KIMIA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MODEL ADDIE DI JURUSAN KIMIA UNJ

ELLA FITRIANI, . (2014) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM KIMIA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MODEL ADDIE DI JURUSAN KIMIA UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1-Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2-kata pengantar dkk.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3-Bab 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7-Bab 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
8-Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu desain pembelajaran mata kuliah Telaah Kurikulum Kimia berbasis e-learning menggunakan model ADDIE yakni (A)nalyze, (D)esign, (D)evelop, (I)mplement, dan (E)valuate di Jurusan Kimia UNJ. Penelitian ini dilakukan pada Januari hingga Juni 2014 di kelas TKK I Program Studi Pendidikan Kimia. Metodologi yang digunakan adalah studi interpretif di bawah payung paradigma interpretif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa diperlukan pengembangan desain pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tatap muka di kelas. Hal ini karena waktu pembelajaran di kelas sangat kurang dengan beban materi yang cukup banyak. Hasil pengembangan desain pembelajaran mata kuliah TKK I ini berupa suatu desain pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan suatu Learning Management System (LMS) yakni Moodle. Pengguna dapat dapat mengakses langsung E-learning ini melalui internet dengan alamat kimiaunj.com. E-learning yang dikembangkan dan implementasikan di susun berdasarkan kategori dari materi perkuliahan yang terintegrasi dengan tugas-tugas dan diskusi di kelas. Desain pembelajaran mata kuliah TKK I ini telah mendapat banyak masukan dari pengguna yakni mahasiswa dan dosen, sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat menghasilkan suatu desain pembelajaran berbasis e-learning yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat menjadi solusi alternatif pada masalah kurangnya waktu perkuliahan di kelas. Studi ini juga memiliki dampak antara lain yaitu: waktu pembelajaran menjadi lebih efektif, mahasiswa menjadi terbiasa dengan teknologi, lebih termotivasi dalam belajar, memiliki kemampuan menulis dan analisis yang lebih baik, serta memiliki cara berfikir reflektif, sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muktiningsih N., M.Si. ; 2). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 07 Jan 2020 10:01
Last Modified: 07 Jan 2020 10:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item