Analisis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Guru dan Model Mental Peserta Didik pada Topik Asam Basa.

ANISA IMANSARI, . (2019) Analisis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Guru dan Model Mental Peserta Didik pada Topik Asam Basa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
02.ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (447kB)
[img] Text
03.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04.LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (323kB)
[img] Text
06.KATA PENGANTAR.pdf

Download (171kB)
[img] Text
07.DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11a.BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
11b.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
11c.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
11d.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11e.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil TPACK guru dan model mental peserta didik yang terbentuk dalam pembelajaran asam basa. Penelitian melibatkan 36 peserta didik di kelas XI IPA dan seorang guru kimia yang dianalisis kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di salah satu sekolah di Jakarta. Kriteria responden guru dalam penelitian adalah seorang guru profesional yang telah disertifikasi dan memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman mengajar serta menguasai teknologi informasi & komunikasi (TIK) yang menunjang pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner TPACK, observasi proses pembelajaran, tes essay asam basa dan reflektif jurnal peserta didik. Quality standards yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking. Hasil penelitian menunjukan, guru telah mengintegrasikan semua komponen TPACK ke dalam pembelajaran asam-basa sehingga profil TPACK tergolong pada Action Level/An. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa empat kategori model mental peserta didik terbentuk sebagai hasil pembelajaran. Model mental yang terbentuk terdiri dari pemahaman karakteristik zat asam atau basa dari tiga representasi kimia (MS) 58,33%, pemahaman konsep asam dan basa dari pengamatan indra (MF) 22,22%, pemahaman konsep asam basa melalui kata dan simbol (MKS) 5,56% dan miskonsepsi asam basa (MI) 13,89%. Model mental yang terbentuk merupakan hasil dari proses pembelajaran yang bervariasi sehingga menarik peserta didik untuk termotivasi belajar. Guru dengan tepat mengajarkan konsep asam basa, sehingga sebagain besar peserta didik menguasai konsep asam basa pada level makroskopik, simbolik, dan sub mikroskopik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si ; 2). Ella Fitriani, M.Pd
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:35
Last Modified: 07 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25983

Actions (login required)

View Item View Item