DAMPAK PENDIDIKAN LIFE SKILL PADA MASYARAKAT MARGINAL (Studi Kasus: Pendidikan Life Skill di Sanggar Ciliwung Merdeka, Bukit Duri, Jakarta Selatan)

FIKY PURNAMASARI, . (2017) DAMPAK PENDIDIKAN LIFE SKILL PADA MASYARAKAT MARGINAL (Studi Kasus: Pendidikan Life Skill di Sanggar Ciliwung Merdeka, Bukit Duri, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. BAB 1-4.pdf

Download (896kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5._DAFTAR_PUSTAKA_FIX.PDF

Download (77kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-KATAPENGANTAR.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN_3_WAWANCARA_INFOR_KUNCI.PDF

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN_2_PEDOMAN_POKOK_OBSERVASI.PDF

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN_4_WAWANCARA_INFOR_INTI_(PENGAJAR).PDF

Download (110kB)
[img] Text
ABSTRACT.PDF

Download (6kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1_KISIKISI_INSTRUMEN_PENELITIAN.PDF

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN_7_TRANSKRIP_WAWANCARA.PDF

Download (505kB)
[img] Text
LAMPIRAN_8_TRANSKRIP_DOKUMENTASI.PDF

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT_HIDUP.PDF

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN_5_WAWANCARA_INFOR_INTI_(PESERTA_DIDIK).PDF

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN_6_CATLAP.PDF

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah penelitian yaitu mengenai proses dan dampak Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) bagi masyarakat marginal Bukit Duri, Jakarta Selatan, yang diselenggarakan oleh Sanggar Ciliwung Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif agar mendapatkan sebuah data yang lebih mendalam dengan menggali kepada informan penelitian. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan hasil observasi, pengamatan terlibat, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul dari bulan September 2015 sampai dengan April 2016. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data terdiri dari reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran tersebut dilaksanakan tiga aspek yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga proses tersebut berjalan dengan sangat baik sehingga menghasilkan tujuan Pendidikan Life Skill yang diharapkan. Selain itu, dampak yang terlihat oleh peneliti selama penelitian berlangsung yaitu dampak ekonomi, dampak pendidikan, dan dampak interaksi sosial. Dari dampak ekonomi terlihat peningkatan ekonomi dari hasil pembelajaran Life Skill di Sanggar Ciliwung Merdeka. Dari dampak pendidikan terlihat bahwa hasil dari pembelajaran Life Skill di Sanggar Ciliwung Merdeka menghasilkan peserta didik yang dapat memanfaatkan hasil belajarnya dengan cara menjadi pengajar di sanggar atau sekolah umum. Dari dampak interaksi sosial terlihat hubungan sosial yang semakin positif dari hasil pembelajaran Life Skill di Sanggar Ciliwung Merdeka. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya kerjasama masyarakat marginal Bukit Duri dan pihak sanggar untuk membuat acara Pasar Rakyat yang bertujuan menolak penggusuran sekaligus mempererat tali silaturahmi antar warga. This research aims to answer research problem namely regarding the process and the impact of prowess life (life skill education) for marginal society, Bukit Duri, Jakarta Selatan, organized by Yayasan Ciliwung Merdeka. This research using a qualitative approach to data get a deeper by digging to informants research. Source of the data obtained by using observations, observation involved, interview, documentation and the study of literature. Data collected from September 2015 until April 2016. Data analysis used in processing the data consisting of the reduction of the data, display data or presentation of data, and withdrawal of the conclusions. The results showed that in learning had been conducted three aspects from of planning, implementation, adn evaluation. The process has worked very well so as to produce the purpose of education life skill expected. In addition, the impact of seen by researchers during the survey last the economic impact seen economic development of life lessons skill at Sanggar Ciliwung Merdeka. The impact of education seen the result of learning life skill at Sanggar Ciliwung Merdeka produce students can use of the study by means of into teaching at sanggar or regular public schools. The impact of social interaction seen social relations more positive of life lessons skill at Sanggar Ciliwung Merdeka. This evident from the community cooperation marginal Bukit Duri and the sanggar to make the public market which aims to refuse eviction and strengthen relationship between residents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. 2) Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:55
Last Modified: 07 Apr 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item