PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN PESERTA DIDIK SMP

AUVA RUSYDA ZAKIA, . (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN PESERTA DIDIK SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (93kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
3. SURAT PERSETUJUAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI .pdf

Download (78kB)

Abstract

PBL adalah pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks pembelajaran, sementara E-Learning adalah kegiatan pembelajaran yang memungkinkanya tercapai bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan media internet, salah satunya dengan social media LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Penelitian dilakukan pada November 2018 di SMPIT Asy-syukriyyah, Tangerang, dimana dua kelompok masing-masing memiliki sampel 25 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Rancangan perlakuan adalah non-equivalent control group design. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis mendapatkan thitung sebesar 2.57 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2.44 , maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh PBL menggunakan social media ELearning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Hasil terlihat pada selisih ratarata kelas eksperimen lebih besar 7.88.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Refirman D.J., M.Biomed ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:43
Last Modified: 07 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item