MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 02 PAGI JAKARTA SELATAN (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

HIRMAN TRIHANDOYO PUTRO, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 02 PAGI JAKARTA SELATAN (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (488kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (946kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPA menggunakan metode Brainstorming pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 02 Pagi Jakarta Selatan. Dimana metode Brainstorming memiliki langkahlangkah yaitu orientasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi dan konklusi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 02 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melaiui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa dengan skor persentase 68.75% atau 22 orang mencapai KKM kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dengan skor persentase sebesar 90,62% dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 21,87%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan dengan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 02 Pagi Jakarta Selatan. Metode Brainstorming dapat mendukung hasil belajar yang baik pada siswa yaitu melatih siswa berpikir dengan cepat dan tersusun logis, merangsang siswa untuk selalu siap berpendapat yang berhubungan dengan masalah yang diberikan oleh guru, dan siswa yang kurang aktif mendapat bantuan dari teman sebayanya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming merupakan salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. The research examined empirical data from learning outcome in Science through brainstorming for fifth-grade students of SDN Menteng Atas 02 Pagi, South Jakarta. Brainstorming method has steps that are orientation, identification, classification, verification and conclusion. The data was gathered from 32 fifth-grade students of SDN Menteng Atas 02 Pagi, South Jakarta, which consists of 13 male and 19 female students. The action research was done designed by Kemmis and Mc. Taggart model. It had been through the process of planning, execution, observation and reflection. The research was conducted in two cycles where every cycle consists of three meetings. In First cycle, students’ score percentage was 68.75% or 22 students passed the passing grade. After that, the score significantly increased in second cycle 90.62% that means 21.87% in increase.The results indicated that the application of Brainstorming in learning activities of Science had improved the learners’ outcome of fifth-grade students of SDN Menteng Atas 02 Pagi, South Jakarta. Brainstorming methods can support good learning outcomes in students that is to train students to think quickly and logically, stimulating students to always be ready to argue that related to the problems given by teachers, and students who are less actively get help from peers. The research had shed the light on how Brainstorming is one of the effective methods for Science learning activities to improve learners’ outcome.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:36
Last Modified: 09 Apr 2022 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26144

Actions (login required)

View Item View Item