PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Izzah, Serang,Banten)

HUSNA MARDHIYAH, . (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Izzah, Serang,Banten). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (845kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media film animasi di kelompok A5 (Jambu) RA Al-Izzah, Serang, Banten. Kegiatan menonton menggunakan media film animasi merupakan media pembelajaran anak yang dapat berpengaruh positif pada kemampuan keaksaraan awal anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 9 orang. Tindakan yan diberikan melalui kegiatan menonton dengan penggunaan media film animasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata kemampuan keaksaraan awal anak telah mencapai 70%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak melalui penggunaan media film animasi di RA Al-Izzah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan keaksaraan awal anak pada pra tindakan sebesar 61,43% meningkat menjadi 74,01% pada siklus I. tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah jurnal pagi dan apersepsi, anak-anak diajak menonton film, peneliti membimbing anak menonton dan memberi tahu cara membaca serta menulis huruf, suku kata, maupun kata yang terdapat pada film tersebut. Setelah selesai menonton, peneliti melakukan tes lisan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kata, serta tes tulisan untuk menulis huruf, suku kata, dan kata. This study aimed to determine the enhancement of onset literacy skills on children aged 4-5 years old through the use of animated film media in the A5 group of RA Al-Izzah, Serang, Banten. The observing activities by using animated film media denotes the children's learning media which may impact positively on the onset literacy skills of the children. This type of research is a classroom action research with Kurt Lewin models. One cycle consists of four stages, which are: planning, execution, observation, and reflection. The research subjects were children aged 4-5 years old which are amounted to 9 children. Actions assigned through the activities of watching and the use of animated film media. Data collection techniques used were observations, documentations, and interviews. Data analysis techniques used were quantitative and qualitative analysis. The indicator of success in this research is when the average onset literacy skills of children has reached 70%. The results of this research indicated an increase in the onset literacy skills of children through the use of animated film media in RA Al-Izzah. This is supported by the increase on the average of onset literacy skills of children in the pre-action of 61.43% with the increase to 74.01% in cycle I. The stages of the action were: after the morning journal and apperception, the children were invited to watch the movie where the researcher guided the children to watch and informed them the methods of reading and writing letters, syllables, or words contained in the film. Upon completion of watching the film, the researcher conducted the oral tests towards the children to read letters, syllables, and words, as well as the written tests to write letters, syllables, and words.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, M. Pd. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:42
Last Modified: 09 Apr 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26145

Actions (login required)

View Item View Item