UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X IPS SMA AL-MUSLIM TAMBUN

MEGA ALAWIYAH MAKSUM, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X IPS SMA AL-MUSLIM TAMBUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (5kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11. BAB III FIX.pdf

Download (280kB)
[img] Text
12. BAB IV FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB I FIX.pdf

Download (425kB)
[img] Text
10. BAB II FIX.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
13. BAB V FIX.pdf

Download (88kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (145kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Thinking Alous Pair Problem Solving (TAPPS) pada kelas X IPS dengan materi trigonometri. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tujuh indikator pemahaman konsep matematika diantaranya adalah menyatakan ulang sebuah konsep,Memberikan contoh dan non contoh dari konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, menggunakan algoritma yang terkait dengan konsep , mengaitkan berbagai konsep, menggunakan konsep yang sesuai dalam memecahkan masalah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang dipilih dari 30 peserta didik kelas X IPS SMA Al-Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika yang dialami oleh peserta didik kelas X IPS SMA Al-Muslim setelah dilakukan penerapan model pembelajaran TAPPS. Pernyataan tersebut didasari hasil yang telah didapatkan setiap akhir siklus, pada tes pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 5,36%, pada tes siklus I meningkat menjadi 18,97%, pada tes siklus II meningkat menjadi 64,17% dan pada siklus III menjadi 86,9. Peningkatan terjadi 66,67% peserta didik pada tes pra siklus ke tes siklus I, dari siklus I ke siklus II terdapat 50% peserta didik yang mengalami peningkatan, dan pada siklus II ke siklus III yang mengalami peningkatan sebesar 90% peserta didik. This study aims to improve understanding of mathematical concepts of learners through the implementation of cooperative learning model type Thinking Alous Pair Problem Solving (TAPPS) in class X IPS with trigonometric material. In this study, the researcher uses seven indicators of understanding of mathematical concepts such as re-concept, giving examples and non-examples of concepts, classifying objects according to certain traits, presenting concepts in various forms of mathematical representation, using algorithms related to concepts , Associate concepts, use appropriate concepts to solve problems. Research subjects in this study were 6 learners selected from 30 students X Class IPS SMA Al-Muslim. This research uses qualitative approach with Class Action Research method (PTK). The study was conducted in three cycles, and each cycle consisted of two meetings. Data collection techniques used in this study are observation, tests, and interviews. The data obtained were analyzed descriptively by triangulation of data. Based on the results of research and discussion it can be concluded that there is an increased understanding of mathematical concepts experienced by students X Class IPS SMA Al-Muslim after the implementation of TAPPS learning model. The statement is based on the results that have been obtained at the end of each cycle, in the pre-cycle test the average score of learners is 5.36%, in the first cycle test increased to 18.97%, in the second cycle test increased to 64.17% and on Cycle III to 86.9. An increase of 66.67% of students in the precycle test to the first cycle test, from cycle I to cycle II there are 50% of students who have increased, and in cycle II to cycle III that increased by 90% of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ir. Fariani Hermin, MT 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:41
Last Modified: 11 Apr 2022 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26220

Actions (login required)

View Item View Item