KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS BPS&K 1 JAKARTA PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR (STUDI KASUS DI SMA BPS&K 1 JAKARTA)

KASYFIL AZIS, . (2017) KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS BPS&K 1 JAKARTA PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR (STUDI KASUS DI SMA BPS&K 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover, Daftar Isi, Katpeng dll.pdf

Download (442kB)
[img] Text
keaslian skripsi kasyfil.pdf

Download (288kB)
[img] Text
keaslian skripsi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
lembar pengesahan kasyfil.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Revisian bab 4.pdf

Download (810kB)
[img] Text
Revisian bab 5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Revisian bab 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Lampiran 1-7.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Revisian bab 3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Revisian bab 2.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA BPS&K 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang dilihat dari aspek kepemimpinan kepala sekolah dalam menanamkan visi dan misi, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola guru, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola kegiatan belajar dan mengajar di SMA BPS&K 1 Jakarta. Penelitian dilaksanakan sejak bulan oktober 2016 sampai februari 2017. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data penelitian berasal dari informan kunci yaitu Kepala SMA BPS&K 1 Jakarta, serta beberapa informan pendukung yaitu guru fisika, guru TIK, Siswa XII IPA, Siswa XII IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam menanamkan visi dan misi dimulai dari perencanaan di dalam Rapat Program EDS, pelaksanaan dilakukan kepala sekolah dengan memberitahukan visi dan misi terhadap stakeholderdan siswa, lalu kepala sekolah merealisasikan misi sekolah, di dalam tahap evaluasi kepala sekolah menilai berdasarkan hasil ujian nasional dan siswa yang masuk perguruan tinggi negeri(2) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum diawali oleh perencanaan implementasi kurikulum dalam Rapat Program EDS, lalu dalam pelaksanaannya kepala sekolah melaksanakan praktek pembelajaran untuk siswa, mempersiapkan kisi-kisi untuk seluruh ujian, dan kepala sekolah bekerja sama dengan sekolah lain untuk mencari informasi terbaru mengenai perubahan kurikulum evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan hasil UN dan siswa yang masuk PTN (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dimulai dari perencanaan dengan membahas mengenai tenaga pendidik di dalam Rapat Program EDS, pelaksanaan dilakukan dengan pengembangan kemampuan guru dan supervisi, di dalam tahap evaluasi dilihat berdasarkan hasil supervisi dan hasil nilai belajar siswa (4) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan proses pembelajaran dimulai dari perencanaan pada Rapat Program EDS, lalu pelaksanaannya dengan rapat bersama wali kelas setiap bulan, lalu memperbaiki kinerja guru, terakhir memperbaiki sarana yang rusak, untuk evaluasi yang dinilai berdasarkan nilai kognitif, nilai afektif, nilai ujian nasional, banyaknya siswa yang masuk ke PTN dan guru yang mengajar sesuai RPP. The research was conducted in SMA BPS&K 1 Jakarta. This study aimed to describe the thought leadership principals from the aspects of school leadership in embedding vision and mission of school, the principal's leadership in managing the curriculum, school leadership in managing teacher, principal leadership in managing teaching and learning in Senior high school BPS&K 1 Jakarta, Research conducted since October 2016 to February 2017. The approach used is a qualitative approach with descriptive methods. Data collected through interviews, observation and documentation. Source of research data derived from key informants such as Headmastersenior high school BPS&K 1 Jakarta, as well as some supporters informants that physics teachers, IT teachers, students in XII of natural science, student in XII of social science. The results of this study indicate that: (1) The Headmaster leadership in embedding vision and mission planning stage at the Meeting Program EDS, the implementation is principals inform the vision and mission of the stakeholders and students, and principals realize the mission of the school, in stage evaluation of school principals based on the results of national examinations and students who enter public universities (2) the principal's leadership in develop the curriculum begins by planning the implementation of the curriculum in the Meeting Program EDS, and in practice the principal implement teaching practices for students, preparing material for throughout the test, and the principal in collaboration with other schools to find the latest information about the changes in the curriculum, evaluations conducted by principals based on the UN and the students who enter PTN (3) Leadership principals in improving the competence of teachersstarted planning stage to discuss the educators in meeting Program EDS, the implementation is done by developing the ability of teachers and supervision, in the evaluation phase be based on the results of supervision and the results of student learning (4) the principal's leadership in develop the learning process started planning the meeting Program EDS and its implementation with a meeting with headclass every month, and improve teacher performance, the last repair damaged facilities, for the evaluation assessed based on the value of cognitive, affective values, national test scores, number of students who get into state universities and teachers who taught according to RPP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi. 2). Dr. Desi Rahmawati M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:12
Last Modified: 11 Apr 2022 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26234

Actions (login required)

View Item View Item