PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMINATAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/ MTs

LINA FERAWATI, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMINATAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/ MTs. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak, lembar persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel,gambar,grafik,lampiran.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (272kB)
[img] Text
lampiran 1-14.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku peminatan yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Rowntree dengan tiga tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) tahap persiapan penulisan, dan (3) tahap penulisan dan penyuntingan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, media dan guru Bimbingan dan Konseling, serta angket uji coba pengguna yang dilaksanakan secara dua tahap, yaitu (1) uji coba face to face, dan (2) uji coba field trials. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik evaluasi formatif. Hasil validasi media memperoleh nilai sebesar 2.9 dengan kriteria “layak”. Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 3 dengan kriteria “layak”. Hasil validasi guru Bimbingan dan Konseling memperoleh nilai 3.5 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi uji coba face to face memperoleh nilai sebesar 3.7 dengan kriteria “sangat layak”. Dan hasil validasi uji coba field trials dengan nilai sebesar 3.95 dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, buku saku peminatan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan informasi tentang peminatan untuk peserta didik kelas IX SMP / MTs. This research aims to develop a pocket book of specalization that is suitable to be used as a medium of learning. The research method used is the method of development. This study using Rowntree development model consisting of three stages that is (1) planning, (2) the preparation of writing, and (3) writing and re-writing. the instrument used is a questionnaire validation of material experts, media experts, and teachers guidance and counseling, and questionnaires of user trials conducted in two stages: (1) face to face tryout and (2) field trials. Data analysis technique used is formative evaluation technique. Media validation results received a scor of 2.9 with the criteria "feasible". The result of the material validation received a score of 3 with the criteria "feasible". The results of teacher validation Guidance and Counseling received score of 3.5 with the criteria "very feasible". The validation results of the face to face tryout scored 3.7 with the criteria "very feasible". And the validation of field trials with a score of 3.95 with the criteria "very feasible". Based on the results of the trial, the pocket book of interest developed is suitable for use as a medium of learning in the submit information about the specialization for students class IX SMP / MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Si. 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:45
Last Modified: 11 Apr 2022 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26288

Actions (login required)

View Item View Item