MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANYAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS SISWA KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

LINAWATI, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANYAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS SISWA KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (111kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
RPP Lampiran 1.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni anyaman dalam pembelajaran seni rupa melalui metode ekspresi bebas siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahapan perencanaan, pelaksaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, dan melakukan wawancara, serta mengumpulkan data dengan mengunakan dokumentasi melalui foto yang diambil pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menujukkan nilai yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 62.5% dan siklus II adalah 92%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran seni rupa dapat meningkatkan kreativitas seni anyaman siswa kelas IV SDN Rawamangun Jakarta Timur. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini dikatakan berhasil. This research aims to enhance creativity in learning the art of woven art method of free expression through fourth grade students of SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta which numbered 40 people. Research is classroom action research using the model Kemmis and Mc. Taggart with two-cycle stages are stages of planning, implementation / action, observation and reflection. Data collection techniques through observation / observation, and interviews, as well as collect data using the documentation through photographs taken at the time of the learning takes place. The results of this study showed the value obtained by the students in the first cycle of 62.5% and the second cycle was 92%. These results indicate that by using the method of free expression in learning the art can enhance artistic creativity woven fourth grade students of SDN Rawamangun, East Jakarta. It can be concluded in this study was successful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Olga D Pandeirot, M.Pd. 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:52
Last Modified: 11 Apr 2022 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item View Item