MARGARETA YURISCA, . (2016) PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA BERDASARKAN MASA PENYELESAIAN STUDI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LEMBAR JUDUL.pdf Download (115kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (87kB) |
|
Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf Download (95kB) |
|
Text
Lampiran 1-3.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-regulated learning antara mahasiswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan studi dengan mahasiswa yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey analisis komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 179 mahasiswa di FIP UNJ. Sample terdiri dari 63 mahasiswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan studi dan 116 mahasiswa yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Incidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen self-regulated learning dan dianalisa dengan software SPSS 20. Instrumen penelitian dianalisis berdasarkan 3 jenjang kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Man Whitney U-Test dalam SPSS 20 diperoleh hasil bahwa nilai Sig. sebesar 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan self-regulated learning antara mahasiswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan studi dengan mahasiswa yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa diharapkan dapat menerapkan strategi-strategi self-regulated learning dengan frekuensi yang tinggi dalam proses belajar, khususnya dalam proses pengerjaan skripsi. This research aims to determine differences self-regulated learning between undergraduate students who are able to complete the study on time with undergraduate students who are not able to complete the study on time. This research used Survey Method Comparative Analysis with a Quantitative Approach. The research sample totals 179 undergraduate students from the Faculty of Education State University of Jakarta, who graduated in term 103. The sample consists of 63 undergraduate students who are able to complete the study on time and 116 undergraduate students who are not able to complete the study on time. This research used Incidental Sampling. Data was collected by using self-regulated learning instrument and analyzed with SPSS 20 software. The research instrument was analyzed by three levels of categories: high, medium and low. Based on the results of hyphothesis testing using a test technique Man Whitney U-Test in SPSS 20 showed that Sig. by 0.000. It can be concluded that there are significant differences between undergraduate students who are able to complete the study on time with undergraduate students who are not able to complete the study on time. The results showed that undergraduate students are expected to apply strategies of self-regulated learning with high frequency in the learning process, especially in the process of thesis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. 2). Dra. Dewi Justitia, M.Pd, Kons. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:45 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26346 |
Actions (login required)
View Item |