EVALUASI DAMPAK PELATIHAN KETERAMPILAN SERVIS SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA JASA DARI LULUSAN PSBR BAMBU APUS JAKARTA TIMUR

MAULANA FIRMAN IKHSAN, . (2016) EVALUASI DAMPAK PELATIHAN KETERAMPILAN SERVIS SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA JASA DARI LULUSAN PSBR BAMBU APUS JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I - Pustaka.pdf

Download (765kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya informasi mengenai dampak pelatihan keterampilan servis sepeda motor yang dilakukan di PSBR Bambu Apus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pelatihan tersebut berdasarkan kepuasan pengguna jasa yang dilihat dari aspek kinerja yakni (1) hasil penerapan pengetahuan dan keterampilan lulusan, (2) mutu hasil kerja, (3) efektivitas kerja, dan (4) kepribadian lulusan saat bekerja. Metode penelitian ini menggunakan tekhnik kuantitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPPO yang difokuskan pada variabel dampaknya (O). Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna jasa dari lulusan pelatihan keterampilan servis sepeda motor PSBR Bambu Apus. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 8 pengguna jasa. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pengetahuan dan keterampilan lulusan terhadap pekerjaanya mendapatkan nilai sebesar 55,5 % dengan kategori “baik”,(2) mutu hasil pekerjaan lulusan mendapatkan nilai sebesar 57,14 % dengan kategori “baik”, (3) efektifitas kerja lulusan mendapatkan nilai sebesar 45,8 % dengan kategori “baik dan (4) penilaian kepribadian lulusan mendapatkan nilai sebesar 47,73 % dengan kategori “baik”. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa penilaian pengguna jasa terhadap kinerja lulusan dikatakan baik pada setiap aspeknya. Berdasarkan kategori baik maka pengguna jasa menilai masih ada sedikit kekurangan pada kinerja lulusan pelatihan keterampialn servis sepeda motor PSBR Bambu Apus, maka perlu perbaikan agar kinerja lulusan PSBR Bambu Apus dapat meningkat. The background of this study is there is no information on the impact of servicing the motorcycle skills training held in PSBR Bambu Apus. This study aims to look at the impact of this training based on the satisfaction of service users views from perfomance aspect: (1) the results of the application of knowledge and skills’s graduates, (2) quality of work result, (3) effectiveness, and (4) the personality of graduates at work. This research method using descriptive quantitative technique with CIPPO evaluation model that is focused on the impact variable (O). Samples in this study using a sample saturated. Samples are service users of the service skills training graduates motorcycle PSBR Bambu Apus. The number of samples in this study were eight service users. While the techniques of data collection using the questionnaire using Likert scale. These study indicated that : ( 1 ) knowledge and skills graduates to their job get a value of 55.5 % with "good" category , ( 2 ) quality of work of graduates get a value of 57.14 % with " good " category , ( 3 ) quality of work of graduates get a value of 45.8 % with " good " category and ( 4 ) personality assessment graduates get a value of 47.73 % with a” good” category. The conclusion in this study showed that the assessment of the performance of service users graduates say good in every aspect . Based on both the categories of service users rate is still a little short on performance training skill motorcycle servicing graduates PSBR Bambu Apus , it is necessary improvements to the performance of graduates can be increased PSBR Bambu Apus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). DR. Henny Herawaty BR, D M.Pd. 2). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:27
Last Modified: 13 Apr 2022 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item