KEPEMIMPINAN KEPALA PUSAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEMERINTAHAN DALAM NEGERI DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KEMENTERIAN DALAM NEGERI

MAYA SAVIRA, . (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA PUSAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEMERINTAHAN DALAM NEGERI DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran 1 AGENDA PENELITIAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG.pdf

Download (546kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (450kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri dalam melakukan pengambilan keputusan dan pendelegasian.. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Februari 2017 hingga Bulan Juni 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu : Kepala Pusat dan beberapa informan pendukung antara lain Kepala Bidang Otonomi, Keuangan, Pembangunan, dan Kewilayahan, Kepala Sub Bidang Otonomi dan Keuangan Daerah, Kepala Sub Bidang Tata Usaha, dan Staf Tata Usaha. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dpaat disimpulkan bahwa kepala pusat secara umum menjalankan perannya sebagai pemimpin. Pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah melalui beberaa tahap diantaranya tahap identifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mencari dan mengembangkan alternative, implementasi hasil keputusan, dan evaluasi keputusan. Sedangkan pendelegasian yang dilakukan oleh kepala pusat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dari memahami maksud atau tujuan dari pendelegasian, menentukan orang yang akan didelegasi, menyampaikan perincian tugas, melakukan pengawasan, dan melakukan evaluasi serta tindak lanjut dari hasil pendelegasian. Kepala pusat hendaknya mengubah orientasi dalam melibatkan berbagai pihak dalam rapat menjadi peningkatan kualitas keputusan melalui kerjasama. Dan kepala pusat beserta pegawai hendaknya meningkatkan komunikasi yang lebih baik lagi sehingga dapat mencegah adanya ketidaksesuaian antara ketidaksesuaian dalam pengerjaan tugas. This study aims to determine the leadership of decision making and delegation applied by the Head of Ministry of Home Affairs Competency Development Center. This study was conducted at Ministry of Home Affairs Competency Development Center. This research was conducted on February until June 2017. Researcher used qualitative approach and descriptive method of data collection is done through observation interview and documentation study. Sources of data from this research are: Head of center and some supporting informants, among others Head of Development and Regional Financial Autonomy Unit, Head of Economy and Regional Financial Unit, Head of Administration Unit, Administration Unit Employee. Based on the results of research and data analysis can be concluded that the head of the general in his role as a leader. Decision-making is conducted by deliberation through several stages between the identification phase of the problem defining the problem of finding and developing alternative implementation of the decision result and evaluation of the decision. While the delegation conducted by the head of the center is done through several stages, starting from understanding the intent or purpose of the delegation, determining the person to be delegated, submitting task details, monitoring and evaluating and follow-up of the results of the delegation. The Head of Center should change the orientation in involving various parties in the meeting to improve the quality of decisions through cooperation. The Head of Center and employees should improve the communication better so that it can prevent any incompatibility between the work of the task.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Rochanah, M.M. 2). Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:49
Last Modified: 13 Apr 2022 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26400

Actions (login required)

View Item View Item