Pengaruh Metode Drilling terhadap Peningkatan Pengelolaan Waktu Murid Melalui Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen pada Murid SMPN 97 Jakarta Timur)

Milasintya Kurniasari, . (2018) Pengaruh Metode Drilling terhadap Peningkatan Pengelolaan Waktu Murid Melalui Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen pada Murid SMPN 97 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Image
5. Surat keaslian skripsi.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan banyaknya murid yang sering terlambat datang ke sekolah, nilai turun karena tidak mengerjakan PR. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drilling terhadap peningkatan pengelolaan waktu murid melalui bimbingan kelompok pada kelas VIII SMP 97 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah non-equivalent control group design. Jumlah populasi sebanyak 263 murid dan jumlah sampel sebanyak 97 murid yang diambil dari 3 kelas yang berbeda namun masih pada jenjang kelas VIII. Sampel diambil menggunakan teknik Sampling Purposive, dimana sampel yang diambil berdasarkan dengan kebutuhan yang akan diteliti. Pengumpulan data menggunakan instrument yang dikembangkan dari strategi penggunaan waktu yang efektif oleh Peter Levin. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial non-parametrik. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test pada aplikasi SPSS 16.0. Hasil pengujian hipotesis tersebut didapatkan bahwa nilai pada kelompok eksperimen sebesar 0,004 < ∂ 0,05. Maka H0 ditolak karena adanya pengaruh metode drilling terhadap peningkatan pengelolaan waktu murid melalui bimbingan kelompok. Hasil dari penelitian ini, adanya peningkatan pengelolaan waktu murid. Terlihat dengan ketepatan datang waktu murid di sekolah dan tepat waktu untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Dede Rahmat Hidayat, M. Psi. 2) Dra.Michiko Mamesah, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jan 2020 15:33
Last Modified: 08 Jan 2020 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item