PENGEMBANGAN PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA

BAGASKARA FIRDAUS, . (2019) PENGEMBANGAN PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (692kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (314kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Telah dihasilkan Pengembangan Permainan Interaktif Android Untuk Siswa SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Permainan interaktif ini dibuat dengan program Unity3D yang permainannya melatarkan seorang siswa sedang melakukan tendangan bebas di lapangan bola. Tujuan dari permainan interaktif ini adalah 1) alternatif media pembelajaran pada proses kegiatan belajar mengajar, 2) pengguna lebih termotivasi untuk belajar, 3) meningkatkan pemahaman makna fisis gerak parabola. Menurut survei tahun 2016 yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang bekerjasama dengan Lembaga Polling Indonesia (LPI), pengguna telepon pintar dengan usia 10 tahun sampai 24 tahun di Indonesia sebesar 75,5%. Pemain dapat mengatur posisi tendangan, sudut elevasi dan kecepatan awal bola berdasarkan tantangan yang sudah diberikan di setiap tingkatnya. Dalam tampilan variabel yang diketahui dan variabel yang harus dimasukkan menggunakan 2 digit angka dibelakang koma sebagai pertimbangan estetika dalam Graphic User Interface (GUI). Diharapkan pengguna dapat menguji kemampuannya dalam pokok bahasan gerak parabola yang diaplikasikan dalam permainan interaktif ini. Pengembangan Permainan Interaktif Android Untuk Siswa SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola layak digunakan berdasarkan penilaian dari Ahli Materi, Ahli Media dan Guru Fisika SMA dengan skor 4,58 dalam kategori sangat layak serta tingkat ketertarikan peserta didik sebesar 80.95% dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Handjoko Permana, M.Si ; 2). Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:27
Last Modified: 14 Apr 2022 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item