PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP SIKAP GURU PADA PENDIDIKAN INKLUSI SD NEGERI DI JAKARTA

CORNISA INDAH WIDOWATI, . (2017) PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP SIKAP GURU PADA PENDIDIKAN INKLUSI SD NEGERI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V - CORNISA INDAH WIDOWATI i.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV - CORNISA INDAH WIDOWATIdocx.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB 1 - CORNISA INDAH WIDOWATI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II - CORNISA INDAH WIDOWATI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB III - CORNISA INDAH WIDOWATI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Lampiran 1. Analisis Data Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusif.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran 2. Analisis Data Uji Coba Iklim Sekolah.pdf

Download (172kB)
[img] Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP Cornisa Indah Widowati.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran 8. Surat Ijin Pengambilan Data Dari Universitas.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Lampiran 10. Surat Keterangan Dari Lembaga Untuk Pengambilan Data Penelitian.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Lampiran 9. Surat Keterangan Dari Lembaga Untuk Pengambilan Data Penelitian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 6. instrumen Final sikap guru.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Lampiran 7. Instrumen Final iklim sekolah.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran 11. Surat Saran Revisi.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusi SD Negeri di Jakarta. Iklim sekolah memiliki 6 dimensi yaitu mendukung, mengarahkan, membatasi, kolegial, kedekatan dan ketidakterlibatan. Sikap guru memiliki 3 dimensi yaitu kognitif, afektif dan perilaku. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan Cluster Sampling. Proses pengolahan data menggunakan skor murni dari Rasch Model. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Organizational Climate Description Questionaire (OCDQ) yang dikembangkan oleh Wayne K. Hoy dengan nilai reliabilitas 0,99 berdasarkan Rasch Model dan Multidimensional Attitutdes Toward Inclusive Education Scale (MATIES) yang dikembangkan oleh Marian Mahat dengan nilai reliabilitas 0,99 berdasarkan Rasch Model. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusi SD Negeri di Jakarta This study aims to determine the effect of school climate on teacher attitudes toward inclusive education of Elementary School in Jakarta. The school climate has 6 dimensions of supporting, directing, restrictive, collegial,intimate and disengagement. Attitudes teachers have 3 dimensions of cognitive, affective and behavioral. This research method using quantitative method. Sampling technique used is probability sampling with cluster sampling method.. The data processing process uses pure scores from Rasch Model. The measuring tool used in this study is the Organizational Climate Description Questionaire (OCDQ) developed by Wayne K. Hoy with a reliability of 0.99 based on Rasch Model and Multidimensional Attitutdes towards the Inclusive Education Scale (MATIES) developed by Marian Mahat with a reliability value of 0, 99 based on Rasch Model. The result of this research is the influence of school climate on teacher attitude toward inclusive education of Elementary School in Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fellianti Muzdalifah, M.Psi 2) Dr. Gantina Komalasari, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:17
Last Modified: 14 Apr 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26672

Actions (login required)

View Item View Item