NINA ROSITA, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Wana Jaya, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Lembar Judul Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB II Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB V Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB IV Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Nina Rosita - 11615102014.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB III Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (412kB) |
|
Text
Lembar Abstrak Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (89kB) |
|
Text
Lembar Daftar Isi Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (145kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (152kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (15kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (327kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (259kB) |
|
Text
Lembar Kata Pengantar Nina Rosita - 1615102014.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak di TK Wana Jaya. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Wana Jaya sebanyak 5 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan dengan instrumen, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data kuantitatif diperoleh prosentase kemampuan pemecahan masalah sebesar 72,9% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus II melebihi 71% maka hipotesis diterima. Hasil analisis kualitatif membuktikan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Anak mampu aktif mendengarkan, melakukan negosiasi, menetapkan batasan, memahami lingkungan dan afirmasi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak di TK Wana Jaya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. This study aims to improve problem-solving skills of children in TK Wana Jaya. The subjects were children in group B TK Wana Jaya as many as five people. The method used is classroom action research. The collection of data that is used with the instrument, observation, interviews and documentation. The results showed that based on the analysis of quantitative data obtained percentage of problem-solving ability by 72.9% in the second cycle. These results indicate conformity with the hypothesis of an increase in acts of pre-study to the second cycle exceeds 71% then the hypothesis is accepted. The results of the qualitative analysis proved that role-playing activities can enhance problem solving skills. Children are able to actively listening, negotiation, setting limits, the learning environment and affirmations. Thus it can be stated that the role playing activities can enhance problem solving skills of children in TK Wana Jaya Kebayoran Baru, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:42 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26694 |
Actions (login required)
View Item |