PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDIDAYA PERIKANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS (Penyandang Tunagrahita dan Slow Learner Di Rumah Kampus)

RIA ARIYANI, . (2017) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDIDAYA PERIKANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS (Penyandang Tunagrahita dan Slow Learner Di Rumah Kampus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SIDANG.pdf

Download (20kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Instrumen Penelitian.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (403kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (899kB)
[img] Text
pedoman wawancara.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai proses pembelajaran keterampilan budidaya perikanan yang dilakukan oleh Rumah Kampus. Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah Rumah Kampus dapat mewakili sebagai lembaga pendidikan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang berusaha menggambarkan pembelajaran keterampilan vokasional, khususnya keterampilan budidaya perikanan bagi penyandang disabilitas. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan kepada 7 informan, seperti pendiri Rumah Kampus, pengurus Rumah Kampus, dosen mata kuliah perikanan dan mahasiswa Rumah Kampus. Data digunakan untuk mengelaborasi konsep-konsep yang digunakan dengan kondisi di lapangan. Berdasarkan hasil dari penelitian, program pembelajaran keterampilan budidaya perikanan yang dilakukan di Rumah Kampus bertujuan agar dapat mengembangkan potensi dan kemampuan penyandang disabilitas, juga dapat mengaplikasikan keterampilan yang telah diberikan selama belajar di Rumah Kampus melalui produksi lele, sehingga pembelajaran keterampilan ini dapat membekali penyandang disabilitas keterampilan vokasional yang bermanfaat pasca sekolah. Model pembelajaran budidaya perikanan yang digunakan oleh pengajar sudah sesuai dengan kondisi penyandang tunagrahita dan slow learner, seperti model pembelajaran individual, klasikal dan konstektual. Dan upaya penanganan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner pun menggunakan occupation therapy yang berupa terapi untuk melatih gerak fungsional anggota tubuh, life skill yang merupakan pendidikan keterampilan, dan juga vocational therapy yang merupakan pelatihan kerja seperti memproduksi lele. Dengan begitu, dapat terlihat bahwa Rumah Kampus dapat mewakili sebagai lembaga pembelajaran keterampilan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner. The research aims to provide an explanation and comprehension about the process of aquaculture learning skills which is conducted by Rumah Kampus. The research also aims to know what Rumah Kampus can or can not represent as educational institute for mental retarded and slow learner. The method of this research is qualitative approaching with study case method, which is trying to describe vocational learning skills, especially aquaculture skills for persons with disabilities. The research data is obtained through depth interviews and observations made to the seven informants, such as founder of Rumah Kampus, the lecturers of fishery subjects and college students of Rumah Kampus. The data is used to elaborate the concepts which is used in the field conditions. Based on the research results, the program of aquaculture learning skills which is done by Rumah Kampus aims to develop potentions and skills for persons with disabilities, and also apply the skills which is given by Rumah Kampus through the production of catfish, so that the learning skills is able to provide useful education for persons with disabilities vocational skills after school. The teachers are already provided the appropiate aquaculture learning method for persons with mentally retarded and slow learner conditions, such as individual, classical, contextual learning methods. The handling efforts for persons with mentally retarded and slow learner use the occupation therapy, which is the therapy to train functional movements of limb, life skills as educational skills, and also vocational therapy as work trainings and how to produce the catfish. Rumah Kampus is able to represent as learning skills institution for persons with mentally retarded and slow learner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yunita Aprilandini, M.Si. 2) Syaifudin, M. Kesos.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:59
Last Modified: 18 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item