KEBUTUHAN BELAJAR SISWA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur)

PUTRY ARY MURTI, . (2017) KEBUTUHAN BELAJAR SISWA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (236kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3 LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (41kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7 LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
16 DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan belajar siswa terhadap anak berkebutuhan khusus siswa kelas I SD. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas I SDN Kebon Pala 01 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media, dan perhatian berpengaruh positif terhadap keberhasilan dalam belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, memberikan perhatian, dan membimbing anak berkebutuhan khusus dapat dijadikan salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar. Oleh sebab itu, guru sebaiknya menggunakan media dan memberikan perhatian khusus kepada anak berkebutuhan khusus untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar. This qualitative research aims to describe the students learning needs for children with special needs of first grade students. This research subject consists of one subject that is class I SDN Kebon Pala 01 Pagi. The method used is descriptive method with qualitative approach. Data was collected by observation, interview, and documentation of then analyzed using Miles and Huberman model. The results showed that learning activities using media, and attention it has some positive effect of success in learning. This results indicate that learning activities with adequate facilities and infrastructure, giving attention, and guidings children with special needs can be used as an effort to meet students learning needs, and to develop students learning ability. Therefore, teachers should use the media and pay special attention to children with special needs to meet student learning needs, and develop students learning skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). Dr. Otib Satibi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:05
Last Modified: 18 Apr 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26958

Actions (login required)

View Item View Item