PENGARUH PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X

ANNISA NUR FITRIA, . (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1-BAB 5.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom pada hasil belajar materi reaksi oksidasi reduksi. Model flipped classroom merupakan kebalikan dari model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 47 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pre-test diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan awal sebelum proses pembelajaran dan post-test diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan akhir setelah proses pembelajaran. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena nilai Lhitung kelompok eksperimen yaitu 0,0044 dan nilai Lhitung kelompok kontrol yaitu 0,0008328 lebih kecil dari Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 0,148. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen karena nilai Fhitung yaitu 1,025149 lebih kecil dari Ftabel yaitu 1,772066. Hasil penelitian menunjukkan selisih nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 12,50 dan selisih nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 7,166 Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = -2,34161 dan ttabel = 1,667572. Oleh karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelompok kontrol, sehingga terdapat pengaruh yang positif pada penerapan model flipped classroom terhadap hasil belajar materi reaksi oksidasi reduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Dr. Ucu Cahyana, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:06
Last Modified: 22 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27019

Actions (login required)

View Item View Item