PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN BEJI DEPOK

RENNY PUSPITA DEWI, . (2017) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN BEJI DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRAK.PDF

Download (103kB)
[img] Text
4. SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.PDF

Download (14kB)
[img] Text
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.PDF

Download (4kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.PDF

Download (87kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf

Download (78kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (115kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (58kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)
[img] Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.PDF

Download (27kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Beji 08 Pagi Kecamatan Beji Kota Depok. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa kelas V SDN Beji 08 Kecamatan Beji Kota Depok. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t maka diperoleh thitung sebesar 16,592 dan dk =72 sedangkan ttabel sebesar 1,666 pada taraf signifikan  = 0,05 dan dk = 72 adalah sebesar 1,666. Sesuai dengan hasil perhitungan tersebut, diketahui bahwa harga thitung lebih besar daripada harga ttabel ( 16,592>1,666, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD. This research aims to determine the effect of guided discovery method to ability of solving math word problem as fifth grade primary school students. This research was conducted at SDN Beji 08 Pagi of Depok. The sample in this research were 74 students of fifth grade SDN Beji 08 of Depok. Taking sample uses random cluster sampling. The method used in an experimental method, by design posttest only control design. The collection of data is done using an instrument problem an analyzed using t-test. Based on calculation, the t-test obtained tcount 16,592 and df=72, while ttable 1,666 at significant level =0,05 and df=72 is equal to 1,666. Accordince with the results of these calculations, it is known that tcount grade greater than the price ttable (16,592>1,666) the null hypothesis (H0) is rejecting and the working hypothesis (H1) is accepted. So that means, there is a positive and significant impact on the use of methods of guide discovery of the ability to save word problems math at fifth grade in primary school. Therefore, teachers read to know the copabilities and needs of students so that teachers can design varied activities an mathematics to be able to grow and develop the ability to solve math word problems in fifth grade.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:15
Last Modified: 20 Apr 2022 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item