EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMK BHINA PUTERA MANDIRI (BHIPURI) 1 SERPONG

RIA AGUSTINA, . (2017) EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMK BHINA PUTERA MANDIRI (BHIPURI) 1 SERPONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
OPENING SKRIPSI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1. KISI-KISI INSTRUMEN KUESIONER DAN PEDOMAN OBSERV.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru di SMK Bhina Putera Mandiri (BHIPURI) 1 Serpong dalam menerapkan kompetensi pedagogik yang meliputi 4 sub kompetensi, yaitu: (1) pemahaman terhadap peserta didik; (2) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran; (3) evaluasi hasil belajar; dan (4) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan model evaluasi kinerja metode peringkat (ranking method). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 9 orang responden, yang terdiri dari 3 orang guru senior dan 6 orang siswa sebagai responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru berdasarkan 4 sub kompetensi pedagogik, yaitu: (1) pemahaman terhadap peserta didik berdasarkan pedoman observasi 100% sangat baik dan berdasarkan kuesioner 82,7% baik; (2) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pedoman observasi 79,6% baik dan berdasarkan kuesioner 82,2% baik; (3) evaluasi hasil belajar berdasarkan pedoman observasi 97,7% sangat baik dan berdasarkan kuesioner 98,4% sangat baik; dan (4) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki berdasarkan pedoman observasi 81% baik dan berdasarkan kuesioner 89,6% sangat baik. This performance evaluation research aims to evaluate the performance of teachers in SMK Bhina Putera Mandiri (BHIPURI) 1 Serpong in the application of pedagogic competence with 4 sub, including: (1) understanding the students; (2) the framework and the implementation of learning; (3) the evaluation of learning result; and (4) the development of learners to objectivy various potentials. The method used in this research is Survey Method with evaluation model of ranking method. In this study, researcher used 9 respondents, consisting of 3 senior teachers and 6 students as respondents. The instruments used in this study are observation guidelines, and questionnaires. The results of this study shows that teacher based on 4 subcompetence pedagogik, namely: (1) understanding the learners based on observation guidelines is 100% very good and based on good questionnaire is 82.7%. (2) the framework and the implementation of learning based on good observation is 79.6% and based on good questionnaire is 82.2%. (3) the evaluation of learning result based on excellent observation is 97.7% and based on a very good questionnaire is 98.4%. and (4) the development of learners to objectivy potentials based on good observation is 81% and based on an excellent questionnaire is 89.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. 2). Santi Maudiarti, S.E., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:39
Last Modified: 20 Apr 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item View Item