EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI DI MTs. AL-ASIYAH CIBINONG BOGOR

RUSLAN ABDUL AZIZ, . (2017) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI DI MTs. AL-ASIYAH CIBINONG BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (467kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG.pdf

Download (558kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN 1-11.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi organisasi di MTs. Al-Asiyah Cibinong Bogor, dengan sub fokus komunikasi vertikal ke bawah, komunikasi vertikal ke atas, dan komunikasi horisontal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi vertikal ke bawah dari kepala sekolah kepada guru dilakukan dengan menerapkan prinsip�prinsip komunikasi efektif, dilakukan secara langsung dan tidak langsung, membahas hal pekerjaan dan di luar pekerjaan, mengunakan media komunikasi yaitu lisan, tertulis, dan elektronik, hambatan yang terjadi yaitu jenis informasi yang disampaikan dan skill guru dalam menerima dan memahami pesan (2) komunikasi vertikal ke atas dari guru kepada kepala sekolah dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip komunikasi efektif, dilakukan secara langsung dan tidak langsung, membahas hal pekerjaan dan di luar pekerjaan, mengunakan media komunikasi yaitu lisan, tertulis, dan elektronik, hambatan yang terjadi yaitu jenis informasi yang disampaikan, perasaan sungkan guru untuk berkomunikasi dengan Kepala Sekolah, dan skill guru dalam menyampaikan pesan, (3) komunikasi horisontal dari guru kepada guru dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip komunikasi efektif, dilakukan secara langsung dan tidak langsung, membahas hal pekerjaan dan di luar pekerjaan, mengunakan media komunikasi yaitu lisan, tertulis, dan elektronik, hambatan yang terjadi yaitu jenis informasi yang disampaikan dan skill guru dalam menerima dan memahami pesan. This study aims to find out how the effectiveness of organizational communication in MTs. Al-Asiyah Cibinong Bogor, with sub-focus vertical downward communication, upward vertical communication, and horizontal communication. This research is descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques used interviews, observations and documentation studies. The results show that: (1) downward vertical communication from the principal to the teacher is done by applying the principles of effective communication, conducted directly and indirectly, discussing the job and outside work, using communication media is oral, written, and Electronics, the barriers that occur are the type of information conveyed and the teacher's skill in receiving and understanding the message (2) the upward vertical communication from the teacher to the principal is done by applying the principles of effective communication, conducted directly and indirectly, Out of work, using communications media that is oral, written, and electronic, obstacles that occur is the type of information conveyed, feelings hesitate teachers to communicate with the Principal, and teacher skills in delivering messages, (3) horizontal communication from teacher to teacher done By applying the principles of effective communication Active, indirect, discussing work and outside work, using communication media is oral, written, and electronic, the obstacles that occur is the type of information conveyed and the teacher's skill in receiving and understanding the message.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA. 2). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:44
Last Modified: 20 Apr 2022 12:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27283

Actions (login required)

View Item View Item