SITI RINDASARI, . (2017) Respon Siswa Non-Muslim terhadap Perkembangan Kegiatan Keagamaan Islam di SMA Negeri 93 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. Surat pernyataan.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. motto.pdf Download (85kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
1. Cover.pdf Download (110kB) |
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (401kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (183kB) |
|
Text
6. abstrak arab.pdf Download (191kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (143kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
Text
14. DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA.pdf Download (4kB) |
|
Text
15. Surat penelitian.pdf Download (512kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (89kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya proses islamisasi di dalam dunia pendidikan khususnya dalam dunia sekolah. Proses Islamisasi ini tidak hanya dilakukan oleh madrasah saja, tetapi proses islamisasi ditemukan pula dalam sekolah negeri umum yang memiliki siswa heterogen dari segi agama. Kegiatan islamisasi ini dilakukan melalui kegiatan keagamaan Islam di sekolah negeri umum yang semakin membudaya dan secara tidak sadar ada pihak minoritas yang termarjinalkan. Dari latarbelakang ini, peneliti tertarik untuk meneliti respon yang timbul dari pihak minoritas di sekolah yaitu siswa non- muslim. Penelitian ini bertujuan mendeskrispsikan bentuk respon yang diberikan oleh siswa non-muslim terhadap perkembangan kegiatan keagaaman Islam di SMA Negeri 93 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Harvey dan Smith tentang teori respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon yang muncul dari siswa siswa non-Muslim terhadap kegiatan keagamaan Islam yang berkembang di SMA Negeri 93 Jakarta adalah sebuah respon positif. Semua informan menerima, mengakui, dan menghargai, bahkan menyetujui kegiatan keagamaan Islam di SMA Negeri 93 Jakarta. Hal ini dimunculkan dalam bentuk dukungan dan adanya partisipasi dalam kegiatan keagamaan Islam di SMA Negeri 93 Jakarta. Selain itu, bentuk lainnya yaitu dengan adanya sikap toleransi yang tinggi dari siswa non- Muslim terhadap kegiatan keagamaan Islam yang berlangsung di SMA Negeri 93 Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa respon yang timbul merupakan sebuah respon positif. The background of this research is by the growing process of Islamization in the world of education, especially in the school. The process of Islamization is not only done by madrasah, but the process of Islamization is also found in public schools that have heterogeneous students from a religious point of view. This Islamization activity is done through Islamic religious activities in public schools that are increasingly entrenched and unconsciously there is a marginalized minority. From this background, researchers are interested to examine the response arising from minority parties in schools; non-Muslim students. This study aims to describe the response form given by non-Muslim students to the development of Islamic religious activities in Senior High School 93 Jakarta. This research used descriptive qualitative method. This research uses Harvey and Smith's theory of response theory. The results of this study indicate that the response that emerged from students of non-Muslims towards Islamic religious activities that developed in SMA Negeri 93 Jakarta is a positive response. All informants received, acknowledged, and appreciated, even approved Islamic religious activities in SMA Negeri 93 Jakarta. This was raised in the form of support and participation in Islamic religious activities at SMA Negeri 93 Jakarta. Another form is the presence of a high tolerance of non-Muslim students to Islamic religious activities that took place in SMA Negeri 93 Jakarta. This shows that the response is a positive response.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Muslihin Amali, MA 2) Ahmad Hakam, MA s |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27311 |
Actions (login required)
View Item |