SYLVIA NURJANNAH, . (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 93 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
b. jawaban hasil wawancara.pdf Download (141kB) |
|
Text
b. lembar pengesahan skripsi.pdf Download (311kB) |
|
Text
a. cover.pdf Download (28kB) |
|
Text
a. pedoman wawancara.pdf Download (9kB) |
|
Text
c. silabus kelas xi.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB 4.fix.pdf Download (94kB) |
|
Text
bab 1.fix.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB 3.fixxxxx.pdf Download (643kB) |
|
Text
BAB 2.fix.pdf Download (394kB) |
|
Text
e. abstrak indonesia.pdf Download (86kB) |
|
Text
c. surat pernyataan.pdf Download (189kB) |
|
Text
e. lampiran foto.pdf Download (466kB) |
|
Text
d. rpp-xi-ekonomi islam.pdf Download (898kB) |
|
Text
d. moto.pdf Download (167kB) |
|
Text
h. kata pengantar.pdf Download (279kB) |
|
Text
k. daftar pustaka.pdf Download (87kB) |
|
Text
i. Daftar Isi.pdf Download (268kB) |
|
Text
f. abstrak inggris.pdf Download (88kB) |
|
Text
g. abstrak arab.pdf Download (368kB) |
|
Text
m. daftar riwayat hidup.pdf Download (22kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 93 Jakarta belum sepenuhnya dilaksanakan menggunakan 4 standar, yaitu standar kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Yang kesemuanya itu dilakukan oleh guru baru yang sama-sama dalam hal pelaksanaan baru benar-benar melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMA. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 93 Jakarta, baik dari perencanaan dan pelaksanaan standar kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Penelitian ini menggunakan lampiran yang ada pada PERMENDIKBUD nomor 20,21,22 tahun 2016 dengan menggunakan aspek-aspek yang ada pada lampiran dan peneliti tambahkan berdasarkan kebutuhan. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif yang menjadikan guru sebagai informan. Sumber data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 adalah mengembangkan silabus kurikulum 2013 untuk dijadikan RPP. Perencanaan pembelajaran PAI bukan hanya sekedar RPP saja, tetapi metode dan media pembelajaran pun harus disiapkan agar siswa tidak bosan di dalam kelas. Dan di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran dan standar kelulusan yang mencakup Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Keduanya merupakan tujuan yang harus dicapai dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan Kurikulum 2013, di dalamnya terdapat standar kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut dilakukan oleh guru PAI di SMA Negeri 93 Jakarta dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan 5 aspek (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan) yang di dalamnya terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. The implementation of Islamic Education Learning and Character based on the Curriculum 2013 at SMA Negeri 93 Jakarta is implemented using 4 standards, namely the standard of graduation, content standard, process standard and assessment standard. All of which is done by new teachers who are both in terms of the new implementation actually implement the learning based on the curriculum 2013 in high school. Therefore, this study aims to determine the implementation of Islamic Education Learning and Character based on Curriculum 2013 in SMA Negeri 93 Jakarta, both from the planning and implementation of passing standards, content standards, process standards and assessment standards. This study uses the attachment of PERMENDIKBUD number 20,21,22 in 2016 by using the aspects in the attachment and the researchers add based on the needs. The method used is a qualitative method that makes teachers as informants. Data sources through observation, interviews, and documentation. The result of this research is planning of Islamic Education Learning and Character based on Curriculum 2013 is developing syllabus of curriculum 2013 to be made RPP. Islamic Education Learning and Character based on Curriculum 2013 plan is not just RPP, but also learning methods and media should be prepared so that students do not get bored in the classroom. And in the RPP there are learning objectives and passing standards that include Basic Competence (KD) and Competency Achievement Indicators (IPK). Both are goals that must be achieved in the process of learning in the classroom. While in the implementation of Islamic Education Learning and Character based on Curriculum 2013, in which there are graduation standards, content standards, process standards and assessment standards. Implementation of Islamic Education Learning and Character based on Curriculum 2013 by using scientific approach. This is done by PAI teachers in SMA 93 Malang in the implementation of learning using scientific approach with 5 aspects (observing, asking, trying, reasoning and communicating) in which there are preliminary activities, core activities and closing activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Muslihin Amali, MA, 2) Yusuf Ismail M.Ag, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27348 |
Actions (login required)
View Item |