SITI MUNAWAROH, . (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD ISLAM MUBASYSYIRIN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (220kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (206kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (29kB) |
|
Text
10. BAB. III.pdf Download (543kB) |
|
Text
9. BAB. II.pdf Download (350kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (43kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (43kB) |
|
Text
11. BAB. IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB. V.pdf Download (22kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
17. DAFTAR LAMPIRAN DATA 2.pdf Download (890kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB. I.pdf Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam keterampilan menyimak menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui empat tahap setiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui instrumen tes, pengamatan tindakan, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto yang diambil saat proses pembelajaran. Hasil tes keterampilan menyimak yang diperoleh pada siklus I adalah 70% dan pada siklus II adalah 91% siswa yang mencapai skor ≥ 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 21% dikarenakan adanya efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan. This study aims to determine the increase in listening skills using audio-visual media in class V SDI Mubasysyirin South Jakarta. This research was conducted in SDI Mubasysyirin South Jakarta. The subjects were fifth grade students in the second semester of academic year 2015/2016 amounting to 23 students. The method used is classroom action research model of Kemmis and McTaggart cycle through the four stages of each cycle, namely, planning, implementation, observation, and reflection. Data collection through the test instrument, observation action, field notes, and documentation in the form of photos taken during the learning process. Listening skills test results obtained in the first cycle is 70% and the second cycle was 91% of students who achieve a score of ≥ 75. It shows that the results achieved by students increased by 21% due to the effectiveness of the use of audio-visual media on learning Indonesian. The conclusion of this study is the use of audio-visual media in learning Indonesian can increase listening skills in grade V SDI Mubasysyirin South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 04:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 04:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27363 |
Actions (login required)
View Item |