SIKAP KEPEDULIAN SISWA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi)

SITI NURASTI KESUMA LUBIS, . (2017) SIKAP KEPEDULIAN SISWA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (131kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
11. BAB IV (Recovered).pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (838kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kepedulian siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus siswa kelas IV SD. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu satu orang siswa berkebutuhan khusus dan beberapa siswa lain. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan adanya bentuk-bentuk kepedulian siswa terhadap anak berkebutuhan khusus, antara lain perhatian, perhatian khusus, teguran verbal, inisiatif dan tolong menolong. Hal tersebut terjadi karena adanya rasa empati serta tidak mementingkan diri sendiri. Walaupun siswa berkebutuhan khusus dianggap pendiam, tidak mengurasi rasa kepedulian. Oleh sebab itu, guru menyediakan tutor sebaya sebagai pembimbing siswa berkebutuhan khusus dalam memahami pembelajaran dan bersosial. This qualitative research purpose is to observe about students concern to special needs students in fifth grade elementary school. The subject of this research is one special needs student and other regular students. The method used is descriptive method with qualitative approach. Research data collected with observation, interview, documentation and anallysed with Miles and Huberman model. Research result shows there is a concern of students to special needs student, such as care, special care, verbal languange, initiative, and help each other. That was happened because there is emphaty and not self centered ego. Even special needs student labeled as quiet person, not reducing the concern feels. Therefore, teacher present tutor at same age as special needs student’s mentor for education and social understanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). Drs. Otib Satibi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:23
Last Modified: 21 Apr 2022 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item