SITI ROKHANI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD MAWAR Cipayung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (453kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (205kB) |
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (130kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (726kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (628kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (598kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (165kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (198kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (254kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (790kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (972kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peningkatan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita dengan media gambar di BKB PAUD Mawar, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu pada bulan januari 2017. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas. Responden pada penelitian adalah anak usia 4-5 tahun kelompok A di BKB Paud Mawar berjumlah 7 orang. Penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Taggart. Tahapan yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis data kualitatatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu bila presentase kemampuan bicara telah mencapai 71%. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun mulai dari pra penelitian sampai dengan siklus I. Pada saat pra penelitian, kemampuan bicara anak rata-rata sebesar 48,7% (masih kurang) setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 73,4%, hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita dengan media gambar. Hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan bicara anak melalui metode bercerita dengan media gambar dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai stimulasi untuk upaya mengembangkan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun. Aspek kemampuan bicara anak terdiri dari: lafal dan intonasi, kosakata, memahami kata dan kalimat tanya, menggunakan kalimat sederhana serta kelancaran dalam bicara. This research aims to develop speaking ability children of 4-5 year of old through telling story method with picture as media, at BKB Mawar, Jakarta Timur. This research was held within 4 weeks on January 2017. The method used is Class Action Research. There were 7 children of 4-5 year of old as respondent of Class A BKB PAUD Mawar. This Class Action Research used Kemmis & Taggart model which consist of planning, action, observation, and reflection. The data collection techniques used through observation, interviews and photo documentation. Data analysis used in this research is qualitative and quantitative data. The research is succeeded if the speaking ability indicator obtained at least 71%.From the data analysis obtained, the speaking ability children of 4-5 year of old was increasing from pre research to cycle 1. The data collection at pre research the speaking ability children are 48,7%, after treatment in cycle 1 the percentage was increasing up to 73,4 %. The increasement obtained 24,6% from Pre Treatment to Cycle 1. It means the hypothesis of speaking ability children of 4-5 year of old through telling story method with picture as media is accepted. The qualitative data result stated that speaking ability children of 4-5 year of old through telling story method with picture as media developed in speech and intonation, vocabulary, word and question understanding, simple sentence and also fluency in speaking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M. Pd. 2). Dr. Sri Martini Meilani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 05:37 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 05:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27380 |
Actions (login required)
View Item |