MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS IV (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Karet 06 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan)

SIWENTIKA MIFTA JANNAH, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS IV (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Karet 06 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar PKn melalui metode active learning tipe quiz team di kelas IV SDN Karet 06 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase 68% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 80%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 88%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 70% meningkat pada siklus II sebesar 100%. Intrumen pemantaun tindakan siswa pada siklus I yaitu 60% dan meningkat menjadi 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode active learning tipe quiz team dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan metode active learning tipe quiz team siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam tim atau kelompoknya. Classroom Action Research that aims to increasing result study of civic education, the purpose of this study was obtain empirical data about that result study of the civic education through active learning type quiz team in class IV SDN Karet 06 Pagi. Subjects were students in the fifth grade of 25 students in the second semester of academic 2015/2016. The experiment was conducted using a model of Kemmis and Mc. Taggart Action Reasearch conducted through the stages of planning, implementation, observation, reflection/evaluation as the basis for planning the next cycle. In the first cycle, the cognitive aspects of result study show the percentage of the class grade everage 68% of the 25 students that have not been thoroughly studied for completeness declared still below the minimum completeness criteria (KKM) is equal to achievement at 80%, amounting to 88%. The results show the percentage of teacher observation of action in the first cycle and 70% increase in cycle II to 100%. The results show the percentage of the value students observation of action in the first cycle reaches 60% and an increase in cycle II to 90%. The implication of this study is can be used as a metod active learning type quiz team in increasing result study of PKn Elementary School four grade students With the active learning type quiz team students can be actively involved, spirit,responsibility, and can contribute ideas in the team or group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:13
Last Modified: 21 Apr 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27397

Actions (login required)

View Item View Item