DESAIN PROGRAM KANAL ANAK DI TELEVISI KANAL KPK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

STEFANY ARLIANTY, . (2016) DESAIN PROGRAM KANAL ANAK DI TELEVISI KANAL KPK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ANTIKORUPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (663kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN DAN DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (813kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
11. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (98kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Program Kanal Anak merupakan program pembelajaran yang ditujukan bagi audiens usia sekolah, khususnya anak berusia 5-8 tahun, yang ditayangkan oleh TV Kanal KPK secara streaming melalui website www.kanal.kpk.go.id/tv. Selama 2 tahun berjalan, program ini belum memiliki perencanaan program terperinci, belum ada satu acuan baku dalam membelajarkan anak yang dapat digunakan untuk semua penyaji materi. Sehingga proses pengembangan tayangan pun menjadi kurang memperhatikan pesan pembelajarannya. Atas dasar alasan tersebut peneliti melakukan penelitian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang program Kanal Anak di Televisi Kanal KPK agar terjadi peningkatan kualitas tayangan program. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Rapid Prototyping dari Steven Tripp dan Barbara Bichelmeyer. Penelitian dilakukan di TV Kanal KPK dengan melibatkan responden 4 orang ahli sebagai expert reviewer yang menilai prototipe produk. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa Desain Program Kanal Anak. Implikasi dari penelitian ini antara lain, pertama, kegiatan pembelajaran di dalam program Kanal Anak menjadi lebih terarah dan terstruktur, kedua, kesepuluh materi antikorupsi dapat diterima secara merata oleh peserta didik karena setiap materi telah ditentukan porsinya masing-masing, dan ketiga, TV Kanal KPK perlu bekerja sama dengan psikolog atau orang PAUD dalam menciptakan program kelak. “Kanal Anak” Program is a learning program aimed for school-age audience, especially children aged 5-8 years, that aired by TV Kanal KPK through the website kanal.kpk.go.id/tv . During the second year running, this program has not had a detailed program planning, not a single reference standard in teaching children that can be used for all presenters material. So that the development process of the program becomes less attention to learning message. Those reasons makes researcher decided to do study on this program. Therefore, this study aimed to redesign the “Kanal Anak” program at TV Kanal KPK, so that may followed improvement in the quality program. This study is using research & development (R & D) methods with Rapid Prototyping of Steven Tripp and Barbara Bichelmeyer as ID model that used to develop the prototype. The study was conducted on TV Kanal KPK, which involving 4 expert reviewers as respondents who assess the product prototype. The results of this study is Design of Kanal Anak Program. The implications of this study are, first, learning activities in this program becomes more targeted and structured, second, the tenth-anti-corruption-materials can be accepted equally by learners because each material has determined its portion, and third, TV Kanal KPK need to work with the psychologist or the ECD people for creating this program in future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murti Kusuma Wirasti, M.Si. 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:32
Last Modified: 21 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item