PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 KERENG BANGKIRAI PALANGKA RAYA

OVI MONITA, . (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 KERENG BANGKIRAI PALANGKA RAYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pengaruh media pembelajaran multimedia (proyektor) menggunakan video, gambar fotografi dan tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Pengambilan sampel dari penelitian menggunakan teknik simple random sampling yaitu sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester awal tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen design by level 2x2 dengan perhitungan menggunakan anava dua jalur dan uji lanjutan tukey. Berdasarkan hasil analisis varians dua jalur skor rata-rata media pembelajaran multimedia (ῩA1 = 17,00) lebih tinggi daripada skor rata-rata media pembelajaran gambar fotografi (ῩA2 = 16,00), yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia lebih tinggi dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan gambar fotografi. Pada nilai Sig. untuk interaksi baris A * B adalah 0,000; kurang dari 0,05 maka H0 ditolak sehingga H1 diterima, yang artinya terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar Bahasa Indoenesia siswa. Skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi dan diajar dengan menggunakan multimedia (ῩA1B1 = 19,17) lebih tinggi daripada skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi dan diajar dengan menggunakan gambar fotografi (ῩA2B1 = 53,63) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Dan skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah dan diajar dengan menggunakan multimedia (ῩA1B2 = 14,83) lebih rendah daripada skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah dan diajar dengan menggunakan gambar fotografi (ῩA2B2 = 17,22) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Dan dari hasil perhitungan statistiknya menyatakan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengunaan media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Paalangka Raya. *********** Abstrac: This research aims to obtain a more complete picture of the influence of media learning multimedia ( projector ) on video, a photographic picture and the level the ability early of the results of study indonesian language students. The sample collection of research using age 36 with the rest of simple random sampling students. This study was conducted in the early 2021/2022. Methods used in this research was experiment design by levels 2x2 of use two way anava and the advanced tukey. Based on the results of the analysis of the two-way variance the average score of multimedia learning media (ῩA1 = 17,00) is higher than the average score of photographic image learning media (ῩA2 = 16,00), The average learning outcome Indonesian students who are taught using multimedia is higher than the learning outcomes Indonesian students are taught using photographic images. At the Sig. value for line interaction A* B is 0.000; less than 0.05 then H0 is rejected so that H1 is accepted, Which means that there is an interaction between the learning media and the initial ability to learn the results of Indonesian students. The average score of students who had a high level of early ability and was taught using multimedia (ῩA1B1 = 19,17) was higher than the average score of students who had a high level of early ability and was taught using photographic images (ῩA2B1 = 53,63) against Indonesian learning outcomes. And the average score of students who had a low level of early ability and was taught using multimedia (ῩA1B2 = 14.83) was lower than the average score of students who had low levels of early ability and were taught using photographic images (ῩA2B2 = 17.22) against Indonesian learning outcomes. And from the calculation on statisticnya stated that that is the significant on use media learning and the ability early students of the results of student learning grade 5 sdn 1 kereng bangkirai Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Muchlas Suseno, M. Pd. ; 2). Dr. Robinson Situmorang, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14499 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:17
Last Modified: 22 Apr 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27434

Actions (login required)

View Item View Item