MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

T. ZAWIL ULYA, . (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK BINDO.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
NILAI ANGKET SIKLUS I.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Siswa Kelas IV di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini diadakan di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 1 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada siklus I adalah 71,25%, dan siklus II 90%. Adapun skor persentase kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I adalah 70,37% dan siklus II 92,59%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. This research’s objective was to increase students’ interpersonal intelligence in science subject using CLIS learning method for fourth graders of SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan. The research was done at SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. The reserach subject fourth graders in the first semester of year academic of 2016/2017 where the total of the students observed was 27 pupils. The writer applied class action method using spiral/cycle from Stephen Kemmis dan Mc. Taggart in two cycles. The first cycle was planning, application/ action, observation and reflection. The technique of data collecting was done through observation and documentation which was taken during the teaching and learning activities. The reserach shows data that was derived from the learning proccess using CLIS learning method in the first cycle reached 71.25% and it reached 90% in the second cycle. While the score of students’ interpersonal intelligence is 70.37% in the frist cycle and 92.59% in the second cycle. Based on the reserach, the writer concludes that students’ interpersonal intelligence in science subject for fourth graders of SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan can be improved using CLIS learning method. The implication of this research is that through CLIS learning model is one of the learning models that can increase students’ interpersonal intelligence in science subject for fourth graders of SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:08
Last Modified: 22 Apr 2022 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item