PENGETAHUAN MANAJEMEN PERJALANAN DALAM KEGIATAN HIKING (Survei Terhadap Pendaki di Gunung Gede Jalur Cibodas, Cianjur Jawa Barat)

PERMADI BAGUS PRATAMA, . (2015) PENGETAHUAN MANAJEMEN PERJALANAN DALAM KEGIATAN HIKING (Survei Terhadap Pendaki di Gunung Gede Jalur Cibodas, Cianjur Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V Manajemen Perjalanan Hiking.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB III Manejemen Perjalanan Hiking (revisi).pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV Manajemen Perjalanan Hiking.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I Manajemen Perjalanan Hiking.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II Manajemen Perjalanan Hiking (revisi).pdf

Download (229kB)
[img] Text
Cover Menejemen Perjalanan Hiking.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Isi Manajemen Perjalanan Hiking.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Soal Tes Pengetahuan Manajemen Perjalanan Dalam Kegiatan Hiking.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan manajemen perjalanan pada pendaki di Gunung Gede jalur Cibodas Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 tanggal 22 April hingga 15 Juni 2015 di Gunung Gede jalur Cibodas Cianjur, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik tes, yaitu pendaki menjawab soal-soal tentang pengetahuan manajemen perjalanan. Pendaki pada umunya memahami bahwa dalam melakukan perencanaan perjalanan pemilihan lokasi merupakan hal pertama yang harus dilakukan namun masih ada beberapa pendaki yang tidak memahami hal ini. Pengumpulan data dan studi pustaka diperlukan untuk mengenali medan dan bahaya yang terdapat di lokasi pendakian. Pendaki juga telah mengetahui jenis latihan fisik yang tepat sebelum melakukan perjalanan hiking. Mengenali bahaya setempat juga perlu dilakukan dalam melakukan perencanaan perjalanan. Dapat disimpulkan bahwa pendaki telah memiliki kemampuan dalam menyusun perencanaan perjalanan. Pendaki memahami dalam hal pelaksanaan hiking dibutuhkan fisik, mental dan teknik yang baik. Pengenalan medan diperlukan guna memperhitungkan bahaya yang ada selama melakukan perjalanan hiking. Perencanaan dan administrasi yang baik juga menentukan kesuksesan dari sebuah perjalanan hiking. Biaya juga berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan hiking. Dapat disimpulkan bahwa pendaki telah memiliki ii pemahaman dalam pelaksanaan hiking namun masih ada beberapa pendaki yang tidak memahami tentang pelaksanaan hiking. Sebagian pendaki telah mengetahui macam-macam dari tujuan hiking diantanya adalah penelitian, expedisi pendakian gunung, expedisi panjat tebing dan rekreasi, akan tetapi masih banyak pendaki yang tidak mengetahui macam-macam dari tujuan hiking. Pendaki telah mengetahui bahwa perlengkapan hiking terdiri dari perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok, tetapi diantaranya masih terdapat pendaki yang tidak mengetahui tentang perlengkapan hiking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hernawan, SE,M.Pd. ; 2). Hartman Nugraha, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:25
Last Modified: 25 Apr 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27553

Actions (login required)

View Item View Item