UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MUSIC AND MOVEMENT (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Tunas Harapan, Jakarta Timur)

TRISA WINDA UTAMI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MUSIC AND MOVEMENT (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Tunas Harapan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DLL.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Image
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.jpg

Download (795kB) | Preview
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.jpg

Download (722kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Tunas Harapan Jakarta Timur melalui kegiatan music and movement. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus. Dalam penelitian ini langkah-langkah yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian adalah kelompok A di BKB PAUD Tunas Harapan yang keterampilan gerak lokomotornya masih rendah dengan jumlah anak sebanyak 9 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yang disajikan dalam catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi serta mengggunakan instrumen keterampilan gerak lokomotor. Teknis analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan dengan membandingkan prosentase sebelum dan setelah diberikan intervensi tindakan sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis data kuantitatif diperoleh presentase sebesar 52% pada pra penelitian. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 80%. Secara analisis kualitatif keterampilan gerak lokomotor anak mengalami peningkatan yaitu anak mampu melakukan gerakan berjalan, berlari, melompat dan meloncat. Hasil dua analisis tersebut menunjukkan bahwa kegiatan music and movement dapat meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah kegiatan music and movement dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk mengembangkan keterampilan gerak lokomotor serta dapat diterapkan dalam kegiatan yang lebih beragam. The purpose of this research is to improve locomotor movement skill of children aged 4-5 years through music and movement activity in BKB PAUD Tunas Harapan. The method used is classroom action reaearch, done in one cycle. In the reseach, to step do following the reasearch procedur to begin from planing, action, observing, and reflecting. The subject of research is group of A BKB PAUD Tunas Harpan east Jakarta which is locomotor movement skill still low as it had only 9 childrens. The tecnic data collected using observation tecnic display with field note, interview tecnic display with interview note, documentation tecnic display with documentation note, and using locomotor movement skill instrument. Analysis data technic using quantitative technic do to compare the presentage before and after intervension and qualitative techic with qualitative descriptif. Analysis technic using preintervension was 52%. After being given steps in cycle one the presentasion raised to 80%. Analysis data technic using qualitative technic describ that childrens can doing movement activities like walking, running, jumping, and hopping. The result showed that music and movement activity can raise the locomotor movement skill of 4-5 years. Implication of this reseach is music and movement activity can to one of the activity alternative to raise locomotor movement skill and can be apllied with other various activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, M.Pd. 2). Indah Juniasih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 08:27
Last Modified: 22 Apr 2022 08:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27604

Actions (login required)

View Item View Item