SIKAP SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur)

WIDYA WATI, . (2017) SIKAP SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Deskriptif di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN(2).pdf

Download (79kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRACT.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (23kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (13kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (71kB)
[img] Text
12. BAB V-1.pdf

Download (25kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (887kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran pada pendidikan inklusi di SDN Kebon Pala 01 Pagi sehingga peneliti dapat menjawab permasalahan apa saja dan faktor-faktor apa saja yang terjadi, sehingga nantinya di harapkan akan menjadi lebih baik dan sebagai sumber pengetahuan. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu Kelas IIIB SDN Kebon Pala 01 Pagi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan cara mengkelompokkan data-data yang telah di dapatkan yang dimulai dari mereduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil ini menunjukkan bahwa sikap sosial yang dimiliki oleh siswa lainnya terhadap anak berkebutuhan khusus mempunyai faktor-faktor tertentu baik dari internal maupun eksternal yang sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran, begitupun sebaliknya anak berkebutuhan khusus mempunyai faktor penghambat dalam bersosial terutama pada sikap sosialnya yang cenderung membuat anak lainnya tidak menerima anak berkebutuhan khusus dalam kelompok sosialnya. Kejadian-kejadian maupun tingkah laku yang sering di tunjukkan oleh anak berkebutuhan khusus merupakan faktor utama penghambat anak berkebutuhan khusus untuk masuk kedalam sebuah kelompok sosial dan cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya.Oleh sebab itu, kita semua perlu mengetahui faktorfaktor apa saja yang menyebabkan itu semua bisa terjadi, sehingga di harapkan anak berkebutuhan khusus maupun anak lainnya mempunyai sikap yang baik antar sesama. This study aims to determine the social attitudes of children with special needs in the learning process on inclusion education at SDN Kebon Pala 01 Pagi so that researchers can answer what problems and what factors are happening, so that later expected to be better and as a source of knowledge . The subject of this study consisted of one subject that is Class IIIB SDN Kebon Pala 01 Pagi. This research methodology used descriptive method with qualitative approach. Data collection is done by observation, interview, and documentation and then analyzed by grouping the data that have been obtained which starts from reducing the data until the conclusion. These results indicate that the social attitudes possessed by other students against children with special needs have certain factors both from internal and external that are very influential in the learning process, vice versa children with special needs have social inhibiting factors, especially in social attitude that tends to make children Others do not accept children with special needs in their social groups. Events and behavior that is often shown by children with special needs is a major factor inhibiting children with special needs to enter into a social group and tend to withdraw from the social environment. Therefore, we all need to know what factors are causing It all can happen, so in expecting children with special needs and other children have a good attitude among others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:12
Last Modified: 23 Apr 2022 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item View Item