PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN ALAT RUMAH TANGGA (Studi Di Jurusan Teknik Elektro)

MITTA SAPUTRI, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN ALAT RUMAH TANGGA (Studi Di Jurusan Teknik Elektro). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (671kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
cover skipsi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh rata-rata hasil belajar terhadap mata kuliah P2RT (Perbaikan dan Pemeliharaan Alat Rumah Tangga) dengan e-learning. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta. Dengan adanya e-learning sehingga dapat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, karena dalam penelitian ini ada dua kelompok atau sampel, yaitu kelompok A sebagai kelas eksperimen diberi perlakuaan menggunakan e�learning, sedangkan kelompok B sebagai kelas kontrol diberi perlakuaan menggunakan power point (tidak menggunakan e-learning). Setelah dilakukan penelitian diperoleh data berupa rata-rata hasil belajar kelompok A eksperimen sebesar 81,4 dan rata-rata hasil belajar kelompok B kontrol sebesar 65,3. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung (8,89) > ttabel (1,684), artinya terdapat perbedaan antara kelompok A eksperimen dan kelompok B kontrol. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata kuliah P2RT (Perbaikan dan Pemeliharaan Alat Rumah Tangga) di kelompok A eksperimen yang menggunakan e-learning lebih tinggi dari pada di kelompok B kontrol yang tidak menggunakan e-learning (menggunakan power point). *The purpose of this study was to determine the average effect of learning outcomes of P2RT (Repairs and Maintenance Household Appliance) subject with e-learning. This research was conducted at Department of Electrical Engineering, State University of Jakarta. With e-learning so that it can support the learning process. This study uses quasi experiment research method, as in this study, there are two groups or samples, namely group A as the experimental class was given treatment using e-learning, while the group B as a control class was given treatment using power point (do not use e- learning). Once the research is done in the form of data obtained average learning outcomes of group A as experimental is 81.4 and the average learning outcomes of group B control is 65.3. From the results of hypothesis testing showed tcount (8.89) > ttable (1.684), meaning that there is a difference between group A experiment and group B control. It can be concluded that the learning outcomes of P2RT (Repairs and Maintenance Household Appliance) subject in group A experiment that using e�learning is higher than group B control which does not use e-learning (using power point).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Irzan Zakir, M.Pd. ; 2). Aris Sunawar, S.Pd., MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 00:51
Last Modified: 09 May 2022 00:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item