MITTA SAPUTRI, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN ALAT RUMAH TANGGA (Studi Di Jurusan Teknik Elektro). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (671kB) |
|
Text
abstract.pdf Download (86kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
cover skipsi.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text
daftar riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (191kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh rata-rata hasil belajar terhadap mata kuliah P2RT (Perbaikan dan Pemeliharaan Alat Rumah Tangga) dengan e-learning. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta. Dengan adanya e-learning sehingga dapat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, karena dalam penelitian ini ada dua kelompok atau sampel, yaitu kelompok A sebagai kelas eksperimen diberi perlakuaan menggunakan e�learning, sedangkan kelompok B sebagai kelas kontrol diberi perlakuaan menggunakan power point (tidak menggunakan e-learning). Setelah dilakukan penelitian diperoleh data berupa rata-rata hasil belajar kelompok A eksperimen sebesar 81,4 dan rata-rata hasil belajar kelompok B kontrol sebesar 65,3. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung (8,89) > ttabel (1,684), artinya terdapat perbedaan antara kelompok A eksperimen dan kelompok B kontrol. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata kuliah P2RT (Perbaikan dan Pemeliharaan Alat Rumah Tangga) di kelompok A eksperimen yang menggunakan e-learning lebih tinggi dari pada di kelompok B kontrol yang tidak menggunakan e-learning (menggunakan power point). *The purpose of this study was to determine the average effect of learning outcomes of P2RT (Repairs and Maintenance Household Appliance) subject with e-learning. This research was conducted at Department of Electrical Engineering, State University of Jakarta. With e-learning so that it can support the learning process. This study uses quasi experiment research method, as in this study, there are two groups or samples, namely group A as the experimental class was given treatment using e-learning, while the group B as a control class was given treatment using power point (do not use e- learning). Once the research is done in the form of data obtained average learning outcomes of group A as experimental is 81.4 and the average learning outcomes of group B control is 65.3. From the results of hypothesis testing showed tcount (8.89) > ttable (1.684), meaning that there is a difference between group A experiment and group B control. It can be concluded that the learning outcomes of P2RT (Repairs and Maintenance Household Appliance) subject in group A experiment that using e�learning is higher than group B control which does not use e-learning (using power point).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Irzan Zakir, M.Pd. ; 2). Aris Sunawar, S.Pd., MT. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2022 00:51 |
Last Modified: | 09 May 2022 00:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27677 |
Actions (login required)
View Item |